Peningkatan Belajar Membaca Huruf Abjad dengan Menggunakan Metode Fernald pada Siswa Kelas 1. (Study Kasus Anak yang Mengalami Kesulitan Membaca)

Authors

  • nur arofah tis'ina sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto
  • Dian Febrianingsih STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi

Keywords:

Metode Fernald

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu dimensi yang sangat penting dalam berperan. Dengan itu kita sebagai pendidik harus memberikan hak pada anak didik kita untuk pola perkembangan anak tersebut. Yang bertujuan untuk mencerdaskan anak didik kita agar tidak ada keterlambatan dalam perkembangannya. Membaca adalah suatu tuntutan pada anak-anak didik kita, untuk agar bisa membaca. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah kita sebagai pendidik memberikan motivasi pada anak didik kita yang memiliki kemampuan rendah dalam artian yang tidak sama dengan teman lainnya. Agar tidak tertinggal dengan temannya. Subjek dalam penelitian ini siswa yang kurang mampu dalam mengingat huruf abjad. Hasil penelitian ini ada pembagian 3 kelompok dalam menyaring siswa. Dan dengan menggunakan Metode Fernald ada perubahan pada siswa yang awalnya belum mengenal huruf abjad dengan baik, maka siswa ini sudah mulai hafal dengan huruf abjad. Meski ada satu siswa yang masih beberapa menghafalnya. Dan siswa tersebut membutuhkan perhatian yang lebih intens. Kita sebagai guru dan orang tua jangan pernah lelah untuk memberikan motivasi pada anak tersebut.

References

Abdurrahman Mulyono (2003).Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta. Rineka Cipta

Anas Sudiyono. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Jamaris Martini(2009). Kesulitan Belajar( Perspektif, Asesmen dan Penanggulanganya). Jakarta.Yayasan Penamas Murni

Persada. Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Sumekar Ganda. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus ( Cara Membantu Mereka Agar Berhasil dalam Pendidikan Inklusif ). Padang : UNP Press

Sunardi. (TT). Kecenderungan Dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Downloads

Published

2021-06-06

How to Cite

tis’ina, nur arofah, & Febrianingsih, D. (2021). Peningkatan Belajar Membaca Huruf Abjad dengan Menggunakan Metode Fernald pada Siswa Kelas 1. (Study Kasus Anak yang Mengalami Kesulitan Membaca). Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 2(2), 181–196. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/57

Issue

Section

Articles