Peningkatan Belajar Membaca Huruf Abjad dengan Menggunakan Metode Fernald pada Siswa Kelas 1. (Study Kasus Anak yang Mengalami Kesulitan Membaca)
Keywords:
Metode FernaldAbstract
Pendidikan merupakan salah satu dimensi yang sangat penting dalam berperan. Dengan itu kita sebagai pendidik harus memberikan hak pada anak didik kita untuk pola perkembangan anak tersebut. Yang bertujuan untuk mencerdaskan anak didik kita agar tidak ada keterlambatan dalam perkembangannya. Membaca adalah suatu tuntutan pada anak-anak didik kita, untuk agar bisa membaca. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah kita sebagai pendidik memberikan motivasi pada anak didik kita yang memiliki kemampuan rendah dalam artian yang tidak sama dengan teman lainnya. Agar tidak tertinggal dengan temannya. Subjek dalam penelitian ini siswa yang kurang mampu dalam mengingat huruf abjad. Hasil penelitian ini ada pembagian 3 kelompok dalam menyaring siswa. Dan dengan menggunakan Metode Fernald ada perubahan pada siswa yang awalnya belum mengenal huruf abjad dengan baik, maka siswa ini sudah mulai hafal dengan huruf abjad. Meski ada satu siswa yang masih beberapa menghafalnya. Dan siswa tersebut membutuhkan perhatian yang lebih intens. Kita sebagai guru dan orang tua jangan pernah lelah untuk memberikan motivasi pada anak tersebut.
References
Abdurrahman Mulyono (2003).Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta. Rineka Cipta
Anas Sudiyono. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Jamaris Martini(2009). Kesulitan Belajar( Perspektif, Asesmen dan Penanggulanganya). Jakarta.Yayasan Penamas Murni
Persada. Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media.
Sumekar Ganda. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus ( Cara Membantu Mereka Agar Berhasil dalam Pendidikan Inklusif ). Padang : UNP Press
Sunardi. (TT). Kecenderungan Dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.