Implementasi Metode Pembelajaran Al Qur’an Untuk Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak Di Tpq Chusnul Khotimah Randubango Mojosari

Authors

  • mas'ulil munawaroh sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto
  • Abdul Muhaimin Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Keywords:

Implementasi Metode, Perkembangan Jiwa Keagamaan

Abstract

Untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Al Quran bagi perkembangan jiwa
keagamaan santri, penulis mengidentifikasi beberapa masalah yang terkait penelitian ini
Pembelajaran nilai-nilai agama untuk perkembangan jiwa keagamaan menggunakan
beberapa metode, yaitu: pendekatan pendidikan dengan keteladanan, pendekatan dengan
kebiasaan atau pembiasaan, pendekatan dengan nasehat dan cerita dan pendekatan dengan
pemeliharaan dengan cara pengabsenan dan cara targhib dan tarhib, Perkembangan jiwa
keagamaan santri TPQ Chusnul Khotimah berkembang sejak mulia santri berada pada jilid
3 karena dalam jilid 3 ini mulai ditekankan dalam pembiasaan kegiatan yang bersifat
agama seperti dalam melakukan shalat lima waktu sudah mulai tidak banyak
mengingatkan, sering membaca al-Qur’an dan aktif dalam kegiatan keagamaan seperti
khotmil Qur’an dan diba’an.Faktor pendukung yang ada di TPQ Chusnul Khotimah
Randubango Mojosari adalah: sarana dan prasarana yang menunjang, adanya kebersamaan
antara guru, adanya antusias santri, adanya suasana yang agamis dan adanya materi atau
bahan penunjang. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang disiplin baik guru
maupun santri, kurang perhatian dan kerjasama dari sebagian orang tua santri, keterbatasan
waktu. durasi waktu belajar di TPQ Chusnul Khotimah hanya berkisar 60-75 menit, dan
keterbatasan dana.

References

Abu Thayyib Abadi, ‘Aun al-Ma’bud Syarh Sunan Abu Dawud, ( Madinah: Maktabah

Salafiyah,1 968), Vol, 9, 1949.

Imam al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, (Kairo: Dar al-Thu>q al-Naja>t, 1422 H), Vol. 2, 100.

Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Semarang: CV. Asy-Syifa’:1992), 250

Ibn Hajar al-‘Asqalani, Fath al-Ba>ry ‘ala Syarh Shahih al-Bukhari, (Beirut: Da>r al-Fikr, 1422

H), Vol. I, 71.

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung. PT Remaja Rosda Karya,

, 46

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

munawaroh, mas’ulil, & Muhaimin, A. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Al Qur’an Untuk Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak Di Tpq Chusnul Khotimah Randubango Mojosari. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 3(1), 73–78. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/43

Issue

Section

Articles