PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KEDAULATAN NKRI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) SISWA KELAS IXA SMPN 58 SURABAYA
Keywords:
Hasil belajar, Pembelajaran KooperatifAbstract
Dalam kegiatan pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran menjadi perkara yang begitu penting. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang dilakukan pada proses pembelajaran akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh metode pembelaran kooperatif tipe teams game tournamaent (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kedaulatan NKRI di kelas IX SMPN 58 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe teams game toursnament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 58 Surabaya.
References
Ahmadi, Abu. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dahlan, Saronji, dkk. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan kelas IX. Jakarta: Erlangga
Depdiknas. 2003. UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.
Ngalim, Purwanto. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.