PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ASPEK KEMAHIRAN MENULIS DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF JIGSAW DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH ULUL ALBAB BADAS
Keywords:
Kitabah, pendekatan kooperatif JigsawAbstract
Pembelajaran bahasa Arab di MADRASAH DINIYAH AWALIYAH baik keterampilan mendengarkan (Istima’), keterampilan berbicara (Kalam), keterampilan Qiroah dan keterampilan menulis (Kitabah) saat ini masih banyak berbasis struktural. Pengajaran masih terfokus pada Nahwu. Implikasinya, pembelajaran menjadi abstrak, monoton, kurang kontekstual, kurang menarik, kurang interaktif, dan kurang komunikatif. Langkah yang dapat diambil adalah pengajar harus dapat menampilkan pelajaran bahasa Arab dengan metode mutakhir yang efektif dan teknik pembelajaran yang menarik. Siswa dilibatkan dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga mereka merasa senang dan nyaman dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw.
Tujuan penelitian adalah menghasilkan model perencanaan pembelajaran bahasa Arab pada aspek KITABAH dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di MADRASAH DINIYAH AWALIYAH ULUL ALBAB model langkah-langkah pembelajaran, dan dokumentasi pembelajaran bahasa Arab pada aspek Kitabah dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di MADRASAH DINIYAH AWALIYAH ULUL ALBAB dalam bentuk CD interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan (research and development) Borg dan Gall. Dari keseluruhan aspek dan kriteria penilaian terhadap produk pengembangan berupa model perencanaan pembelajaran menurut ahli pembelajaran bahasa Arab, didapat hasil persentase sebesar 90%. Hal ini dapat diartikan bahwa keseluruhan aspek dan kriteria yang dinilai oleh ahli pembelajaran bahasa Arab berada pada kriteria valid karena berada pada skala 76% - 100%. Berdasarkan kriteria kelayakan produk dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan tersebut layak/tidak revisi dan tidak dilakukan uji coba ulang.
References
Ainin, Moh. 2005. Buku Petunjuk Teknis Praktik Pengalaman Lapangan Bidang Studi Pendidikan Bahasa Arab. Malang: Universitas Negeri Malang.
Amrullah, A. F., & Hum, S. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Prenada Media.
Hanani, N., & Dodi, L. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KONTEMPORER: Konstruksi Metodologis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Komunikatif-Sosiolinguistik. CV Cendekia Press
Ainin, M. 2007. Sekilas Pengalaman Penelitian Tindakan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Makalah disajikan dalam kegiatan Workshop Penelitian Tindakan Kelas bagi Dosen Fakultas Humaniora dan Budaya Universitas Islam Negeri (UIN), JSA FS UM, Malang, 10 Maret 2007.
Al Abdullah, A.F. 2007. Asasu Ta’li:m Al Kitabah Al Naqidah Li Al Thalabah Al Mutafawwiqu:n Aqliyyan. Yordania: ‘A:lim Al Kutub Al Hadits.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Depag. 2006a. Kurikulum 2006 Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jakarta. Depag.
Effendy, A.F. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat. Effendy, A.F. 2001. Peta Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia. Bahasa dan Seni (no. 29 edisi khusus) hal. 416.
Emildadiany, N. 2008. Cooperative Learning-Teknik Jigsaw, (Online), (http://akhmadsudrajat.wordpress.com, diakses 7 Agustus 2008).
Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., & Ismono. 2000. Pembelajaran Koperatif. Surabaya: University Press.
Nurhadi, Yasin, B. & Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Peranannya dalam KBK. Malang : UM PRESS.
Sukmadinata, N. S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: kerjasama PPS UPI dengan PT REMAJA ROSDAKARYA.
DOSEN PENDIDIKAN BAHASA ARAB STAI AT TAHDZIB NGORO JOMBANG DOSEN PENDIDIKAN BAHASA ARAB STAI AT TAHDZIB NGORO JOMBANG uyanto, Kasihani K.E. 2007. Pendekatan, Metode dan Teknik Pembelajaran.
Malang: Badan Penyelenggara Sertifikasi Guru (BPSG) Rayon 15 UM.
Yusuf. 2003. Proses dan Hasil Belajar Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif (Jigsaw), (Online), (http://akhmadsudrajat.wordpress.com, diakses 7 Agustus 2008).
Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S.A. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.