Model Pembelajaran Kooperatif Type Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Kebutuhan Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Media Zoom Meeting Dalam Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas X IPS 3 Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN JOGORO
Keywords:
Pembelajaran Kooperatif model Picture and Picture, Hasil Belajar, Masa Pandemi Covid-19Abstract
Abstrak
Pandemi Covid 19 memiliki dampak dan pengaruh yang besar dalam kehidupan, khususnya dalam dunia pendidikan. salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menangani kondisi tersebut adalah diberlakukannya sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal tersebut menjadikan setiap pelajar harus bisa memanfaatkan terknologi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif type picture and picture sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa di SMAN Jogoroto Jombang tahun 2021/2022 pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture dengan media zoom meeting dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 3 SMAN Jogoroto Jombang pada materi kebutuhan di masa pandemi covid – 19.
References
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nurulhayati, Siti. 2002. Pembelajaran Kooperatif yang Menggairahkan. Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan TK dan SD. Edisi 3.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suhardjono, 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Tindakan Kelas. Malang: Cakrawala Indonesis LP3 Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.