UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI SISTEM EKONOMI KELAS X-I SMA PATRIOT PETERONGAN JOMBANG
Keywords:
Pembelajaran Kooperatif tipe TTW, aktifitas berfikir kritis siswa, hasil belajar siswaAbstract
Mata Pelajaran Ekonomi selalu dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu, guru harus efektif dalam memilih suatu pendekatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran koopreatif tipe TTW. Penelitian ini dilaksanakan semester gasal pada siswa kelas X-I SMA Patriot Jombang tahun Pelajarajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 32. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan lembar observasi pengamatan tes hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan Aktifitas siswa pada proses pembelajaran pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus I, untuk memperhatikan penjelasan guru sebesar 75%, mengajukan pertanyaan sebesar 78%, aktif dalam diskusi sebesar 87,5%, dan membuat kesimpulan sebesar 81,3%.Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 68,59 dengan ketuntasan klasikal 69%, pada siklus II rata-rata sebesar 87,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe TTW pokok bahasan sistem ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-I SMA Patriot Peterongan Jombang tahun ajaran 2019/2020
References
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Herliani . 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write(TTW) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi kelas XI IPA SMAN 8 Samarinda Tahun Ajaran 2012/2013.Jurnal PTK Samarinda : SMAN 8 Samarinda.
Susanti , Wiwik.2011.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 3 Tapung Riau Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal PTK Riau : SMAN 3 Tapung Riau
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.