UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X-I SMA PATRIOT PETERONGAN JOMBANG

Authors

  • muhammad kholil harisuddin staisam sabilul mutaqin mojokerto

Abstract

Mata Pelajaran PAI selalu dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu, guru harus efektif dalam memilih suatu pendekatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran koopreatif tipe TTW.

Penelitian ini dilaksanakan semester gasal pada siswa kelas X-I SMA Patriot Jombang tahun Pelajarajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 32. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan lembar observasi pengamatan tes hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan Aktifitas siswa pada proses pembelajaran pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus I, untuk memperhatikan penjelasan guru sebesar 75%, mengajukan pertanyaan sebesar 78%, aktif dalam diskusi sebesar 87,5%, dan membuat kesimpulan sebesar 81,3%.Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata sebesar 68,59 dengan ketuntasan klasikal 69%, pada siklus II rata-rata sebesar 87,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe TTW pokok bahasan sistem PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-I SMA Patriot Peterongan Jombang tahun ajaran 2014/2015.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Herliani . 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write(TTW) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi kelas XI IPA SMAN 8 Samarinda Tahun Ajaran 2012/2013.Jurnal PTK Samarinda : SMAN 8 Samarinda.

Kusumah, W. dan Dwitagama, D. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Lindayani dan Murtadlo, A. 2011. Manajemen Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Iranti Mitra Utama

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sardiman, A. M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT

Grafindo Persada

Setu,Budiarjo. 2010. Penerapan Metode Belajar Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMKN 5 Semarang Tahun pelajaran 2010/ 2011.Jurnal PTK.Semarang: SMKN 5 Semarang.

Suharsono. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling dikelas VII SMPN 1 Trowulan MojokertoTahun pelajaran 2011/ 2012. Skripsi yang Tidak Dipublikasikan. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : Bantul Press

Susanti , Wiwik.2011.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 3 Tapung Riau Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal PTK Riau : SMAN 3 Tapung Riau

Syah, M. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Purwanto, N. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknis Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya

Downloads

Published

2021-06-06

How to Cite

harisuddin, muhammad kholil. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X-I SMA PATRIOT PETERONGAN JOMBANG. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 2(2), 281–292. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/117

Issue

Section

Articles