Meningkatkan Motivasi dan Keberhasilan Belajar Aqidah Akhlak Melalui Penggunaan Interactive Learning Multimedia berbasis Microsoft Office PowerPoint
Keywords:
Peningkatan Motivasi Belajar, Akidah Akhlak, MultimediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik Kelas 3 MI Al-Hidayah Budug, Tugusumberjo, Peterongan, JombangTahun Pelajaran 2021/2022 dengan memanfaatkan multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa test hasil belajar, pedoman observasi, catatan lapangan, dan catatan peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Interactive Learning Multimedia mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dari 76.3 pada siklus pertama, naik menjadi 79.0 pada siklus kedua, dan meningkat menjadi 84.0 pada siklus ketiga. Selain itu, pemanfaatan Interactive Learning Multimedia juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada materi iman kepada hari akhir. Pada siklus pertama, rata-rata nilai peserta didik sebesar 78.4, meningkat menjadi 84.2 pada siklus kedua, dan 87.3 pada siklus ketiga. Sedangkan persentase ketuntasan peningkatan juga terus terjadi. Pada siklus pertama persentase ketuntasan sebesar 64.52%, meningkat menjadi 84.87% pada siklus kedua, dan 96.77% pada siklus ketiga.
References
Al-Jauhari, A. (2020). Kata Pengantar. Dialog. https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.372
Alfian Helmi. (2015). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Smp Negeri 2 Babahrot Aceh Barat Daya. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1), 1–12.
Antari, L. (2015). Penggunaan Bahan Ajar Tematik Pembagian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Iia Mi Ahliyah Ii Palembang. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(2), 22–29. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.307
Danil, D. (2017). Upaya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Sekolah (Study Deskriptif Lapangan di Sekolah Madrasah Aliyah Cilawu Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 30–40. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/21
Fiteriani, I., & Solekha, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas V MI Raden Intan Wonodadi Kecamatan Gadinggrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 103–120.
Ghoni, A. A., Rouyani, S., & Putri, L. I. (2021). Media Audio Visual sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fikih di MI Roudhotul Huda Sekaran Gunungpati. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 135–148. https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.279
Hasanah, U. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Melalui Penerapan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test)Peserta Didik Kelas V Di Mi Ismaria Al-Qur’aniyah Islamiyah Raja Basa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2093
Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Prestasi Siswa melalui Pengembangan Profesional Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 13. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.648
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_Pentingnya_Penggunaan_Media_Pembelajaran_Untuk_Meningkatkan_Prestasi_Belajar_Siswa/Links/58ca607eaca272a5508880a2/Pentingnya-Penggunaan-Media-Pembelajaran-Untuk-Meningkat kan-Prestasi-
M. Nasor. (2014). Teknik Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Peningkatan Prestasi Siswa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 7(Vol. 7, No. 1, Februari 2014), 150–165. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ijtimaiyya/article/view/928
Miftahurrohman, Ahmad Shofiyuddin Ichsan, R. D. Y. (2021). Upaya Guru Al- Qur ’ an Hadis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Mi Pada Masa Pandemi. Journal of Islamic Education, Vol. 1(1), 19–39.
Oktariani. (2018). Peranan Self Efficacy dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kognisi, 3(1), 45–54. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISI/article/view/492
Panorama, M., & Muhajirin. (2017). Pendekatan Praktis; Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Idea Press.
Qodri, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Abd. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188–202.
Rachmawati, R. (2020). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (Skl), Kompetensi Inti (Ki), Dan Kompetensi Dasar (Kd) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231–239. https://doi.org/10.38075/tp.v12i34.73
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Rahman, A. (2022). Upaya Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 122–132.
Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11–24. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.34
Suhery, Putra, T., & Jasmalinda. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Telaumbanua, A. (2020). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Prestasi Siswa. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 115–129. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.44
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.