Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Dengan Menggunakan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V Mi Mambaul Ulum Kasri Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang
Keywords:
Hasil Belajar, IPS , Metode SimulasiAbstract
Penelitian in bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan menemukan solusi pada siswa kelas V mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan di MI Mambaul Ulum Kasri Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Permasalahan yang dihadapi yaitu penggunaan metode yang digunakan guru kurang bervariasi karena guru menyampaikan materi dengan ceramah sehingga siswa pasif dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Maka dari itu peneliti menerapkan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan. Pelaksanaan penelitian ini dibuat dalam 2 siklus yangterdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan penelitian (planning), tahap pelaksanaan tindakan (acting), tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi (reflecting). Pada siklus I dilaksanakan dengan perolehan hasil belajar dari 29 siswa terdapat 20 siswa (69%) masuk pada kriteria tuntas sedangkan yang belum tuntas mencapai 9 siswa (31%). Sedangkan pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan jumlah ketuntasan sebanyak 23 siswa (79%). Sedangkan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa (21%). Sehingga dari kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Kusnianingsih, Lilik. 2015. Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Wunut , Tulung, Klaten. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Moloeng, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rohmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:Teras
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Solihatin, Etin Dan Raharjo. 2011. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Syamsuddin, Abin. 2009. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Winataputra, Udin S. 2001. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.