Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Dengan Menggunakan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V Mi Mambaul Ulum Kasri Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang

Authors

  • megawati mahalil asna sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto

Keywords:

Hasil Belajar, IPS , Metode Simulasi

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan menemukan solusi pada siswa kelas V mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan di MI Mambaul Ulum Kasri Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Permasalahan yang dihadapi yaitu penggunaan metode yang digunakan guru kurang bervariasi karena guru menyampaikan materi dengan ceramah sehingga siswa pasif dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Maka dari itu peneliti menerapkan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan. Pelaksanaan penelitian ini dibuat dalam 2 siklus yangterdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan penelitian (planning), tahap pelaksanaan tindakan (acting), tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi (reflecting). Pada siklus I dilaksanakan dengan perolehan hasil belajar dari 29 siswa terdapat 20 siswa (69%) masuk pada kriteria tuntas sedangkan yang belum tuntas mencapai 9 siswa (31%). Sedangkan pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan jumlah ketuntasan sebanyak 23 siswa (79%). Sedangkan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa (21%). Sehingga dari kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kusnianingsih, Lilik. 2015. Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Wunut , Tulung, Klaten. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Moloeng, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rohmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:Teras

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Solihatin, Etin Dan Raharjo. 2011. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Syamsuddin, Abin. 2009. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Winataputra, Udin S. 2001. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

asna, megawati mahalil. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Dengan Menggunakan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V Mi Mambaul Ulum Kasri Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 3(2), 152–156. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/66

Issue

Section

Articles