PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH SE KOTA BATU

Authors

  • megawati mahalil asna sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto

Keywords:

media sosial, pola asuh orang tua, demokratis, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pro dan kontra mengenai media sosial
terhadap prestasi belajar siswa. Media sosial, merupakan salah satu fenomena
“Internasional” yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir sebagai dampak dari
munculnya perkembangan teknologi berupa internet. Penelitian ini berfokus pada
bagaimana tingkat pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa,
bagaimana tingkat pengaruh pola asuh orang tua demokratis terhadap prestasi
belajar siswa, dan bagaimana tingkat pengaruh penggunaan media sosial dan pola
asuh orang tua demokratis terhadap prestasi belajar siswa. Bentuk penelitian yang
dipergunakan pada penelitian ini dikatagorikan menjadi penelitian kuantitatif
menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis. Pada penelitian ini ada beberapa
variable diantaranya variabel serta variabel dependen.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:PT

Rineka Cipta. 2006.

Baharuddin dan Wahyuni, Nur. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: ArRuzz Media, 2008

Baumrind, D. Pola otoritas orang tua saat ini. Psikologi Perkembangan. No 4.

Bibi, F., Abid, G. C., erum, A. A., dan Bushra, T. Contribution of Parenting Style in

Life Domain of Children. IOSR Journal of Humanities and Social

Science (IOSR-JHSS). No 12. 2013.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Semarang: CV Thoha

Putra,1989

Departemen pendidikan dan kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia,

Jakarta: Balai Pustaka, 1989

Djamarah, Syaiful Bakhri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha

Nasional, 1994.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT.Logos Wacana Ilmu, 1999.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pres, 2009.

Nisa Khairuni, Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Pendidikan

Akhlak Anak.Jurnal Edukasi, Vol 2. No 1, Januari 2016.

Noor. A. Rosli. Effect of Parenting Style on Childrens Emotional and Behavioral

Problems Among Different Ethnicties og Muslim in the USA, Disertasi

Doktor. Marquette University, 2014.

Sari, E.Y. dan purwanti, R.S. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi

Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus III Seyegan Sleman Tahun Ajaran

/2015. Diakses dari upy.ac.id. 201

Downloads

Published

2022-03-27

How to Cite

asna, megawati mahalil. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH SE KOTA BATU. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 1(1). Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/11

Issue

Section

Articles