PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH SE KOTA BATU
Keywords:
media sosial, pola asuh orang tua, demokratis, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pro dan kontra mengenai media sosial
terhadap prestasi belajar siswa. Media sosial, merupakan salah satu fenomena
“Internasional” yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir sebagai dampak dari
munculnya perkembangan teknologi berupa internet. Penelitian ini berfokus pada
bagaimana tingkat pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa,
bagaimana tingkat pengaruh pola asuh orang tua demokratis terhadap prestasi
belajar siswa, dan bagaimana tingkat pengaruh penggunaan media sosial dan pola
asuh orang tua demokratis terhadap prestasi belajar siswa. Bentuk penelitian yang
dipergunakan pada penelitian ini dikatagorikan menjadi penelitian kuantitatif
menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis. Pada penelitian ini ada beberapa
variable diantaranya variabel serta variabel dependen.
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:PT
Rineka Cipta. 2006.
Baharuddin dan Wahyuni, Nur. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: ArRuzz Media, 2008
Baumrind, D. Pola otoritas orang tua saat ini. Psikologi Perkembangan. No 4.
Bibi, F., Abid, G. C., erum, A. A., dan Bushra, T. Contribution of Parenting Style in
Life Domain of Children. IOSR Journal of Humanities and Social
Science (IOSR-JHSS). No 12. 2013.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Semarang: CV Thoha
Putra,1989
Departemen pendidikan dan kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Jakarta: Balai Pustaka, 1989
Djamarah, Syaiful Bakhri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha
Nasional, 1994.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT.Logos Wacana Ilmu, 1999.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pres, 2009.
Nisa Khairuni, Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Pendidikan
Akhlak Anak.Jurnal Edukasi, Vol 2. No 1, Januari 2016.
Noor. A. Rosli. Effect of Parenting Style on Childrens Emotional and Behavioral
Problems Among Different Ethnicties og Muslim in the USA, Disertasi
Doktor. Marquette University, 2014.
Sari, E.Y. dan purwanti, R.S. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi
Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus III Seyegan Sleman Tahun Ajaran
/2015. Diakses dari upy.ac.id. 201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.