PembelajaranDaring Matematika Melalui Media Quizizz Berhadiah Dalam Meningkatkan Minat Belajar PelajarSMPN 58 Surabaya
Keywords:
Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Minat Belajar PelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dampakmetode pembelajaran daring, sertadampak penggunaan media pembelajaran Quizizzberhadiah terhadap minatbelajar pelajar di SMP Negeri 58 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menyimpulkan dampak penggunaan metodepembelajaran daring Mata Pelajaran Matematika, dan dampak penggunaan media Quizizzberhadiah terhadap minat belajar pelajar.
Hasil dari penelitian ini dapat diketahui: (1) dalam penggunaanmetode pembelajaran daring Mata Pelajaran Matematika, pemahaman pelajarmengalami peningkatan 58,3% dari kondisi sebelumnya. (2) dalam penggunaan media pembelajaran Quizizzberhadiah membawa dampak pada pola belajar pelajar, seperti: tingkat kosentrasi, daya ingat, daya tangkap, ketahanan lama waktu belajar, dan terjadi peningkatan pemahaman pelajar, yang dilihat dari bertambahnya tingkat prosentase hasil belajar pelajar sebesar 83,3%.
References
Adler, Mortimer J & Van Doren,Charles (2007). How To Read a Book/Cara jitu Mencapai Puncak Tujuan Materi pembelajaran. (Alih bahasa: A. Santoso dan Ajeng AP). Jakarta: PT. Indonesia Publishing.
Agus Suryabrata. (1997). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Basrochah.(2011).PeningkatanKemampuanMenjawab kuisMelaluiPenerapan MetodeBermainKuis BerhadiahdiKelompokB1TKABAKetanggungan.Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: FIPUNY.
Brame, C. J. (2016). Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE Life Sciences Education, 15(4), es6. https://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125.
C.Asri Budiningsih. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Hsin, W.-J., & Cigas, J. (2013). Short Videos Improve Student Learning in Online Education. Journal of Computing Sciences in Colleges, 28(5), 253–259.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.