PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Model Pembelajaran, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Materi Statistika dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 58 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menyimpulkan penggunaan model pembelajaran materi Statistika dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa.
Hasil dari penelitian ini dapat diketahui: (1) dalam penggunaan model pembelajaran Materi Statistika, pemahaman siswa mengalami peningkatan 100% dari kondisi sebelumnya. (2) dalam penggunaan model pembelajaran Materi Statistika membawa dampak pada pola belajar siswa, seperti: tingkat kosentrasi, daya ingat, daya tangkap, ketahanan lama waktu belajar, dan terjadi peningkatan pemahaman siswa, yang dilihat dari bertambahnya tingkat prosentase hasil belajar siswa sebesar 94,87%.
References
Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran (hxxp://smacepiring.wordpress.com/)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.