PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • dian arleni SMPN 58 Surabaya

Keywords:

Model Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Materi Statistika dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 58 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menyimpulkan penggunaan model pembelajaran materi Statistika dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa.

Hasil dari penelitian ini dapat diketahui: (1) dalam penggunaan model pembelajaran Materi Statistika, pemahaman siswa mengalami peningkatan 100% dari kondisi sebelumnya. (2) dalam penggunaan model pembelajaran Materi Statistika membawa dampak pada pola belajar siswa, seperti: tingkat kosentrasi, daya ingat, daya tangkap, ketahanan lama waktu belajar, dan terjadi peningkatan pemahaman siswa, yang dilihat dari bertambahnya tingkat prosentase hasil belajar siswa sebesar 94,87%.

References

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran (hxxp://smacepiring.wordpress.com/)

https://www.kompasiana.com/ilhams16/5e3d12fa097f36086f2ecf12/analisis-kesulitan-siswa-dalam-pembelajaran-matematika-dalam-materi-pokok-logaritma

https://www.kompasiana.com/iharta/5e3a1e3b097f3652134c03d2/nadiem-karim-rombaklah-kurikulum-sekolah-dasar-sd

Downloads

Published

2020-06-06

How to Cite

arleni, dian. (2020). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 1(2), 84–90. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/16

Issue

Section

Articles