PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III MI MIFTAHUL ULUM KRATON KRIAN SIDOARJO
Keywords:
Penerapan Model Pembelajaran, Berbasis Daring, Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana menerapkan model pembelajaran daring. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam penerapan pembelajaran daring, dan 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas III MI Miftahul Ulum Kraton.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan model pembelajaran daring pada kelas III yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam aplikasi, penggunaan RPP satu lembar dan evaluasi lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan pembelajaran daring yaitu, kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu, minimnya antusias siswa dan minimnya siswa akan pemahaman materi. Dan Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu, sekolah memfasilitasi wifi untuk guru di sekolah, dan siswa diberikan kuota internet gratis.3) Hasil belajar siswa mengalami penurunan sejak adanya pandemi covid-19.
References
Haerul, Haedar Akib dan Hamdan. 2016. Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa
A. Kurniawati, dkk. 2013. Implementasi Metode Penugasan Analisis Video pada Materi Perkembangan Kognitif, Sosial dan Moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume 2, Nomor 2
Abdul Majid. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media. Ahmadi, Lif Khoiru dan Sofan Amri. 2011. Paikem Gembrot. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: Jonh Willey & Sons
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Model Pembelajaran. jakarta: CiputatPers
Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Implementasi Manajemen Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Yogyakarta: Teras
Effendi, Empy dan Hartono Zhuang. 2005. e-Learning Konsep dan Aplikasi.Yogyakarta: Andi
Daryanto dan Raharjo Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.