Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Aplikasi Screen Recorder di SDN 1 Terungwetan Kecamatan Krian
Keywords:
motivasi belajar, media pembelajaran, screen recorderAbstract
Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pemerintah pada masa pandemic covid-19 menimbulkan berbagai masalah dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah menurunnya motivasi belajar siswa setelah beberapa bulan melakukan pembelajaran jarak jauh di rumah. Untuk meningkatkan kembali motivasi belajar siswa tersebut guru perlu melakukan inovasi dan pembaruan dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan adalah video yang dibuat menggunakan aplikasi screen recorder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran menggunakan media, manfaat menggunakan media pembelajaran serta hambatan yang dialami pada saat menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi screen recorder.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi screen recorder dilakukan mulai dari tahap pembukaan pembelajaran kemudian penyampaian materi melalui video pembelajaran, setelah itu guru melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa. Manfaat penggunaan media video dengan aplikasi screen recorder adalah memberikan penjelasan lebih konkrit, dapat dilakukan berulang, pembelajaran tidak monoton, lebih menarik dan menyenangkan, menimbulkan motivasi dalam.Hambatan yang dialami guru belum mahir dalam pembuatan video pembelajaran, sarana media video pembelajaran yang masih kurang, bahasa dalam video pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakter siswa, guru kesulitan mengatur waktu saat proses pembelajaran, objek dalam video pembelajaran yang tidak bisa ditemukan kesesuaian dengan materi pembelajaran, dan guru merasa kerepotan dalam mempersiapkan alat-alat media
References
Ahmadi, R. (2005). Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: IKIP Malang.
Arif S Sadiman, d. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, O. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rivai, N. S. (2010). Media Pengajaran . Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Rohani, A. (2010). Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.