OPTIMALISASI PERAN KANTIN SEKOLAH DALAM MENUNJANG KETERCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 MOJO KABUPATEN KEDIRI
Keywords:
optimalisasi, kantin sekolah, tujuan pendidikanAbstract
Kantin sekolah merupakan suatu tempat di sekolah yang bertujuan untuk memberikan pelayanan pemenuhan kebutuhan makan dan minum seluruh warga sekolah tersebut. Namun tidak semua sekolah memiliki kantin sekolah dengan berbagai alasan yang melatarbelakangi hal tersebut. Kantin sekolah memiliki banyak manfaat dalam turut serta membantu menunjang ketercapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait peran kantin sekolah dalam menunjang ketercapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian naturalistik kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa keberadaan kantin sekolah membawa banyak manfaat sebagai penunjang keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan, baik tujuan formal maupun informal. Selain memiliki peran sebagai tempat menyediakan makanan sehat bagi warga sekolah, kantin juga dapat menjadi sumber belajar bagi siswa. Baik dalam mencapai tujuan kompetensi mata pelajaran yang relevan dan juga dalam penguatan pendidikan karakter. Kantin menjadi sarana pembelajaran pada mata pelajaran biologi, kimia, ekonomi, akuntansi, pendidikan jasmani, dan sekaligus laboratorium pendidikan kewirausahaan untuk peserta didik. Yang tidak kalah penting adalah kantin dapat menjadi tempat penerapan pendidikan karakter seperti disiplin waktu, bertanggung jawab, jujur dan karakter positif lainya.
References
Halim, A. (2018). Mengelola Bantuan Operasional Sekolah dengan Baik. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Hartatik, Y. d. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di Kantin Kejujuran. Malang: Penerbit Gunung Samudera.
Karwanto, M. S. (2014, April). Pelaksanaan Pelayanan Khusus Kantin di SMP Negeri 1 Diwek Jombang. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 2-3.
Rukayat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Satria, A. D. (2023, Mei). Pendidikan Karakter Jujur Melalui Kantin Kejujuran. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3).
Slameto, A. S. (2017, Juni). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Melalui Metode Bermain Peran Berbantuan Media Kantin Sekolah. Jurnal Handayani, 7(2), 118.
Zulkarnain, W. (2018). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.