PENTINGNYA MANAJEMEN FASILITAS PENDIDIKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
Keywords:
Manajemen Fasilitas Pendidikan, Mutu PendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana prasarana sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal itu dapat dilihat dari 1) Pengertian Manajemen, yaitu manajemen dapat diartikan pengurusan, pengendalian, memimpin, atau membimbing. 2). Pengertian fasilitas pendidikan, yaitu Secara etimologis (bahasa) fasilitas pendidikan sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan. misalnya; ruang, buku, perpustakaan, laboratorium dan sebagainya. 3). Pengertian Mutu Pendidikan yaitu mutu pendidikan merupakan kemampuan atau kompetensi lembaga pendidikan dalam mendayagunakan serta mengelola sumber-sumber pendidikan, yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dengan seoptimal mungkin
References
Moh. Makin Baharuddin, Manajemen Pendidikan Islam, ed. Angga Teguh Prasetya, II (Malang: UIN-MALIKI PRESS ( Anggota IKAPI), 2016
Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PPRI Tahun 2005, (Bandung:Citra umbara, 2017
“Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan,” Pub. L. No. 41
Daryanto, Administrasi dan Manajemen Sekolah, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2013
Ibrahim Bafadal,Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.
Juhairiyah. sarana dan Prafasilitas pendidikan,Jakarta: Ghalia Indonesia, 2012
E. Mulyasa, Manajemen berbasis sekoah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002
Yusak Burhanuddin, Administrasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 1998
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional
Dinding Nurdin dan Imam Sibaweh, Pengelolaan Pendidikan Dari Teori Menuju Implementasi Jakarta: Rajawali Pers, 2011
Marzuki Mahmud, Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Jakarta: Rajawali Pers, 2012
Marus Suti, “Strategi Peningkatan Mutu Di Era Otonomi Pendidikan”, MEDTEK, Vol. 3 No. 2, (Oktober, 2011), 2
E. Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Udin, S., & Sutisna, A. (2020). Kurikulum Terpadu Berbasis Nilai-Nilai Islami. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1). Https://Doi.Org/10.52593/Pdg.01.1.01
Ellong, T. A. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1). Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V11i1.574
Fajartriani, T., & Karsiwan, W. (2021). Manajemen Pengadaan Sarana Prasarana Sekolah. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1). Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i1.907
Boko, Y. A. (2020). Perencanaan Sarana Dan Prasarana (Sarpras) Sekolah. Jupek: Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1).
Rohiyatun, B. (2019). Standar Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 4(1).
Nurbaiti. (2015). Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. In Manajer Pendidikan (Vol. 9, Issue 4). Ar-Ruzz Media.
Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1). Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V6i1.11037
Sa’diyah, H. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2). Https://Doi.Org/10.36835/Bidayatuna.V1i2.329
Sanjani, M. A. (2019). Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1). Https://Doi.Org/10.37755/Jsap.V7i1.131
Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1). Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V3i1.6276
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.