PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DAN SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN (SPP) DI SD DARUSSALAM KARANGDORO TEGALSARI BANYUWANGI TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Amirotun Nahdliyah Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Qori’atus Sholiha Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi

Keywords:

Pengelolaan, Dana BOS, SPP

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya penarikan uang  yang di lakukan  oleh pihak SD Darussalam yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sekolah yang belum terpenuhi. Fokus  yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah pengelolaan dana BOS sudah sesuai dengan juknis 2021? (2) Bagaimana pengelolaan dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan SPP di SD Darussalam? (3) apa  saja faktor yang melatar belakangi terjadinya tarikan dana kepada orangtua siswa?. Sedangkan tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui pengelolaan dana BOS sudah sesuai dengan juknis 2021. (2) Untuk mengetahui pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Spp di SD Darussalam (3) Untuk mengetahui faktor yang melatar belakangi terjadinya tarikan dana kepada orangtua siswa.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan sistem triangulasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, bendahara sekolah dan tenaga administrasi (Biro).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SD Darussalam mengelola dana BOS sesuai dengan juknis 2021 dengan baik meliputi perencanaan sumber keuangan, pengalokasian, penganggaran, pemanfaatan dana, pembukuan keuangan, pemeriksaan, pengawasan dan pertanggungjawaban pelaporan. (2) Pengelolaan keuangan SD Darussalam yang mempunyai 2 sumber dana yaitu Dana BOS dan SPP  telah dikelola dengan cukup baik oleh pengelola sumber dana SD Darussalam yang mencakup 4 hal yakni Transparansi, akuntabilitas, efektifitas dan efisiensi. (3) faktor terjadinya penarikan dikarenakan kurangnya dana BOS untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Dan bertujuan untuk menutupi kekurangan biaya sekolah.

References

Daryanto, H.M.2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2013. Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOS. Jakarta

________.2011. Bahan pelatihan Manajemen Keuangan Sekolah/Madrasah.

_________.2001. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesi Nomor 056/U/2001 tentang Pedoman Pembiayaan Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah.

Fatah, Nanang. 2000. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Fitri Afrilliana.2018. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Bukit Tinggi : FIP UNP

Hasibuan, Malayu S.P, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta PT. Bumi Aksara.

Hidayat, rahmat Dan chandra.2017. Ayat-ayat al Qur’an Tentang Manajemen Pendidikan. Medan: LPPP.

Kusno, Masluyah Suib Dan Wahyudi, 2012. ”Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Sekolah Dasar Negeri”,Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol 2, No 4.

Lexy J Moeloeng, 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardiyati.2017. Evaluasi pengelolaan bantuan operasional sekolah (BOS). Jogjakarta : STIE Widya

Sugiyono, 2014. Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif. Bandung: Alfabet.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet I. Bandung: Alfabeta.

Terry, George R. 2006. Prinsip-prinsip Manajemen, Jakarta : Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Nahdliyah, A., & Sholiha, Q. (2022). PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DAN SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN (SPP) DI SD DARUSSALAM KARANGDORO TEGALSARI BANYUWANGI TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 3(2), 261–273. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/80

Issue

Section

Articles