PENERAPAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SDIT AL-UMMAH MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP (CONTEX, INPUT, PROCESS, PRODUCT)

Authors

  • Luluk firdausiyah Luluk Stai sabilul muttaqin mojokerto

Keywords:

Full Day School, CIPP, contex, inpu, process, product, SDIT

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan program pendidikan full day di Sekolah Islam Terpadu di tinjau dari komponen konteks, input, proses dan produk. Evaluasi yang di lakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) AL UMMAH  Jombang   dengan   model   evaluasi   program  CIPP   Stuffelbeam.   Data   diambil berdasarkan wawancara dengan manajemen SDIT Al Ummah dan dokumen lain yang berhubungan. Hasilnya dapat diketahui pada komponen konteks, bahwa ijin pendirian sekolah sudah sesuai dengan peraturan pemerintah, mendapatkan dukungan dari pemerintah provinsi dan kabupaten serta masyarakat sekitar. Hasil evaluasi input hampir semua komponen sudah baik hanya pada kualifikasi pendidik yang masih belum memenuhi ketentuan standar. Komponen peserta didik sudah sesuai dengan standar program. Struktur kurikulum sudah sesuai dengan standar program. Hasil penilaian tentang standar pengelolaan masuk kategori cukup. Evaluasi terhadap kondisi sarana prasarana sudah memadai tetapi evaluasi tingkat kesesuaian dengan program masih di bawah standar program. Evaluasi terhadap pembiayaan sudah sesuai standar. Hasil evaluasi proses pada tahapan, pelaksanaan dan evaluasi serta pengawasan sudah baik kecuali pada tahapan perencanaan. Hasil evaluasi produk menunjukan semua aspek yang dievaluasi yaitu kognitif, afektif, psikomotor dan konatif menunjukan hasil yang baik

References

Fitriyah khoiruunisa'il, (2023), في تقييم تعليم اللغة العربية مهارة كلام لدى الطلاب في قسم تربية معلم المدرسة الابتدائية بجامعة سبيل المتقين مجاكرطا (Peer Assesment) تطبيق تقييم الأقران, al-Muttaqin,Jurnal studi, sosial dan ekonomi VOL. 4 NO. 1, 80-89

firdausiyah Luluk, L., Nasa’i, I., & Bakar, M. Y. A. (2022). Sistem Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Kepesantrenan Di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Al-Muttaqin: Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi, 3(1), 10-19.

firdausiyah Luluk, L., Nasa’i, I., & Bakar, M. Y. A. (2022). Sistem Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Kepesantrenan Di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Al-Muttaqin: Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi, 3(1), 10-19.

(2017, 02 19). Retrieved from wikipedia: Wikipedia, “Gadget” http://id.wikipedia.org/wiki/Gadget

Al-Halwani, A. F. (2001). Melahirkan Anak Sholeh. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Al-Halwani, A. F. (2001). Melahirkan Anak Sholeh. Yongyakarta: Mitra Pustaka.

Al-Qur'an dan Terjemahannya. (2009). Surabaya: Duta Ilmu.

Djaali dan Pudji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fitzpatrick, Jody L., Blaine R. Worthen, dan James R. Sanders. (2004). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. Boston: Person Education.

Gronlund, Norman E. (1981). Measurement and evaluation in teaching. Newyork: Macmillan.

Hafizh, M. (2013, januari ). Pengertian Full Day School. Diperoleh 7 Januari. Retrieved 2021

Hesti Oktamiati dan Yossie Susanti Sri Ekaputri. (2012). Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full Day Terhadap Motivasi Belajar.

Ioannis Thoidis. & Nikos Chaniotakis. (2017). All-Day School: A School in Crisis or a Social Pedagogical Solution to the Crisis? International Journal of Social Pedagogy, 137-149.

Kristiawan, M.Safitri D, Lestari R. (2017). Managemen Pendidikan . Yongyakarta: Deepublish.

Kuswandi, I. (2015). Model Pendidikan Karakter melalui Sitem Full Day School dan Pendidikan Terpadu. Jurnal Reflektika, 37-54.

Lina Lina, Dadan Suryana, Nurhafizah. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 346-355.

Lubis, M. A., & Wekke, I. S. (2016). Integrated Islamic education in Brunei Darussalam. Educare.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Teknologi Pendidikan.

Mufidati, K. (2013). Full Day School dan Terpadu.

Noegroho, A. (2010). Teknologi Komunikasi. Yongyakarta: Graha Ilmu.

RI, D. A. (2009). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Surabaya: Duta Ilmu.

Roshayanti, F. (2015). Day School Program (PSLH) in central java Province. Community Responses Related to the Education Policy of Five (p. 97). Semarang: Proceedings of the Natonal Seminar on Researsh Result (SNHP-V).

Setyarini, I. N., & Joyoatmojo, S. Sunardi. (2014). Penerapan Sistem Pembelajaran" Fun & Full Day School untuk Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SDIT Al Islam Kudus. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 232.

Singgih D Gunarso dan Ny Singgih D Gunarso. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta Pusat: Gunung Mulia.

wikipedia. (n.d.). Gadget. Retrieved februari http://id.wikipedia.org/wiki/gadget, 2016

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Luluk, L. firdausiyah. (2023). PENERAPAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SDIT AL-UMMAH MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP (CONTEX, INPUT, PROCESS, PRODUCT). Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(2), 147–155. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/111

Issue

Section

Articles