Perbandingan Prestasi Belajar Ilmu Tajwid Antara Siswa Yang Dari MI & SD Di Darul ‘Ulum Jombang
Keywords:
Prestasi belajar, Ilmu TajwidAbstract
Belajar adalah suatu proses sadar, terarah untuk mencapai tujuan untuk mengembangkan potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlaqul karimah, selaras dengan tujuan ilmu tajwid yaitu menjadikan siswa fasih dan lancar membaca dan memahami Al-Qur’an sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta berakhlaqul karimah. Secara umum prestasi belajar peserta didik di sekolah menengah pertama dipengaruhi oleh latar belakang peserta didik di sekolah SD/MI. Metode yang digunakan peneliti yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan analisis Uji T berpasangan (independent samples T-test). Perhitungan ini dengan SPSS versi 18, hasil dari penelitian ini bahwa T hitung > F hitung sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yaitu terdapat perbedaan prestasi belajar ilmu tajwid antara siswa yang dari MI dan SD di Darul ‘Ulum. Bedasarkan rata-rata orientasi prestasi siswa SD lebih berprestasi dari siswa yang dari MI yaitu 81,04 – 79,96 = 1, 08
References
Ahyadi, A. A. (1991). Psikologi Agama. Bandung: Sinar Baru.
Aqib, Z. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
arifin, z. (2012). penelitian pendidikan. bandung: PT Remaja Rosdakarya.
arikunto, s. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Undang-Undng dasar 1945 No 20 tahun 2003. (2003).
Zarkasih, I. (1995). Pelajaran Tajwid. Ponorogo: Trimurti Press Gontor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.