Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) (Study Kasus pada Anak Autisme)

Authors

  • nur arofah tis'ina sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto

Keywords:

Motivasi Belajar, Anak Autis

Abstract

Peran orang tua sangat penting dalam motivasi belajar pada anak autisme, karena perubahan perkembangan anak membutuhkan kedekatan dan dukungan dari orang tua. Belajar dapat dikatakan berhasil apabila dapat membentuk pola-pola pikir dalam berprilaku baru untuk memenuhi kebutuhannya. Banyaknya penurunan dalam motivasi belajar pada anak autisme yaitu, salah satu dari penyebabnya adalah dari kurangnya dukungan dan perhatian dari orang tua. Karena upaya orang tua dalam mengembangkan motivasi belajar pada anak autisme kurang maksimal, hal ini disebabkan karena banyak orang tua yang sibuk dan terlalu mempercayakan pada guru shadow. Untuk itu tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah peran orang tua sangat utama dalam perkembangan anak autism terutama dengan motivasi belajarnya. Dari hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam motivasi belajar anak autisme sangatlah penting. Terutama pada subjek A, yang mana orang tua memiliki peran rendah dalam memotivasi belajarnya, karena orang tua hanya mempercayakan pada guru wali kelas dan guru shadow. Sedagkan yang dibutuhkan dalam perubahan perkembangannya adalah dari orang tua. Berbeda dengan subjek B, yang mana orang tua sepenuhnya memeliki motivasi yang begitu tinggi saat memotivasi belajar pada anaknya. Dan selalu memantau perkembangan baik secara akademik, social, dankomunikasi. 

References

Febriatmika, Y. B. (2013). Penanganan masalah kognitif pada anak autis dengan menggunakan kartu bergambar di PAUD Saymara tahun 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamalik, Oemar. 2007. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Salwintt.wordpress.com/artikel/109_21peran_orangtua_sekolah_dan_guru_dalam_mensukseskan _pendidikan.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tony Attwood. (2005). Sindrom Asperger, Jakarta; Serambi Ilmu Semesta

Downloads

Published

2020-06-06

How to Cite

tis’ina, nur arofah. (2020). Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) (Study Kasus pada Anak Autisme). Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 1(2), 91–100. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/17

Issue

Section

Articles