DINAMIKA MOTIVASI PADA ANAK BERBAKAT DALAM MENARI (STUDY KASUS ANAK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS 5 DI SIDOARJO)
Keywords:
motivasi, anak berbakat, menariAbstract
Banyak anak-anak kita yang masih memendam kebakatanya, karena merasa
kurang percaya diri dengan kemampuan yang dia miliki. Sehingga bakat anak
tersebut tidak tersalurkan. Kita sebagai orang tua dan guru harus memotivasi
anak-anak kita. Karena anak berbakat berbeda dengan anak pintar. Bakat berarti
mempunyai potensi, sedangkan pintar bisa didapat dari tekun mempelajari
sesuatu. Meskipun tekun namun tidak berpotensi, seseorang tidak akan bisa
optimal seperti halya anak berbakat. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah
kita sebagai orang tua dan guru memberikan motivasi sepenuhnya pada anakanak kita untuk menonjolkan keberbakatan anak-anak kita. Subjek dalam
penelitian ini anak yang memiliki kebakatan dalam menari. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa lingkungan sangat berpengaruh dalam dinamika motivasi
anak berbakat. Pada proses penelitian lingkungan subjek baik disekolah maupun
dirumah sangat mendukung, namun subjek mudah putus asa saat ada
pembicaraan yang menyinggungnya.
References
FARNHAM. (1972). COGNITIVE PROSES IN EDUCATION. NEW YORK: HARPER.
HAMZAH. (2008). TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA ANALISIS DIBIDANG PENDIDIKAN. JAKARTA:
BUMI AKSARA.
MALEONG LEXY. (2002). METODE PENELITIAN KUALITATIF. BANDUNG: REMAJA ROSDAKARYA.
MCCLELLAND DAVID. (1987). HUMAN MOTIVATION. NEW YORK: CAMBRIDGE UNIVERSITY PRESS
MUNANDAR. (2002). KREATIVITAS DAN KEBERBAKATAN STRATEGI MEWUJUDKAN POTENSI KREATIF
DAN BAKAT. JAKARTA: GRAMEDIA.
RENZULLI. (2005). THE THREE-RING CONCEPTION OF GIFTEDNESS. NEW YORK: CAMBRIDGE UNIVERSTY
PRESS.
SARDIMAN. (2009). INTERAKSI DAN MOTIVASI BELAJAR MENGAJAR. JAKARTA: RADJAGRAFINDO
PERSADA.
SOBUR ALEX. (2003). PSIKOLOGI UMUM. BANDUNG: PUSTAKA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.