Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Anak Di Desa Warugunung Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua dalam membentuk kepribadian anak di desa Warugunung kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto yang ditinjau dari kepribadian sosial analytics Erich Fromm. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualiatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dalam membentuk kepribadian anak di desa Warugunung ialah terdiri dari berbagai cara, Pertama, mengajarkan etika berbicara dan pekerjaan rumah. Kedua, membiarkan anak bermain namun dengan pengawasan. Ketiga, memberi arahan. Keempat, membantu anak berkreativitas. Terakhir, mendidik dengan nasihat. Pola asuh orang tua terhadap anak berperan penting dalam membentuk kepribadian anak terutama dalam menghadapi masa depan.
References
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. UMM Press.
Astrida. Peran dan Fungsi Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Diakses 27 Mei 2023 dari https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/BANYUASIN/pfyl1341188835.pdf
Dinkes.ntbprov.go.id. (09 April 2021). Pola Asuh Orang Tua dan Dampaknya Terhadap Anak. Diakses 25 Mei 2023, dari http://dinkes.ntbprov.go.id/artikel/pola-asuh-orang-tua-dan-dampaknya-terhadap-anak/
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika: Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, 4(2), 194.
Harisuddin, M. K., & Sa’diyah, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui 17 Kultur Kepesantrenan (Studi Kasus di SMP Darul Ulum 1 Peterongan). Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 3(2), 142.
Hartono, R. N. A. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak pada Keluarga Prasejahtera. Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Harun, Jaedun, A., Sudaryanti, & Manaf, A. (2020). Pelatihan Guru Pendidikan Karakter berbasis Multikultural dan Kearifan Lokal (PKBMKKL) bagi Siswa. UNY Press.
Lestari, B. (2006). Upaya Orang Tua dalam Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 18.
Murtiningsih, D. (2013). Peran Orang Tua dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (4-6 Tahun) di Rumah (Studi pada RT. 05/07 Kelurahan Gegerkalong Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 2.
Nasution, S. (2022). Tafsir Tarbawi: Melacak Kontruksi Pendidikan dalam AlQuran dan Hadis. Madina Publisher.
Nisa, R. M. (2017). Kreativitas dalam Psikologi Humanistik dan Implikasinya dalam Pendidikan. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 263.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana.
Rohmiyatun, B. A. (2020). Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Bermain Anak di dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(9), 82.
Samosir, A., Siti Haryanti, A., & Kinanthi Rejeki, S. (2022). Jurnal ComunitA Servizio, 4(2), 906.
Suprajitno. (2004). Asuhan Keperawatan Keluarga: Aplikasi Dalam Praktik. EGC.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu & Aplikasi Pendidikan. PT Imperial Bhakti Utama.
Tirmizi. (2018). Problematika Pendidikan Agama Islam terhadap Anak Muda Zaman Sekarang. In Tantangan Pendidikan Menyambut 1 Abad (2045) Indonesia Merdeka (p. 8). Samudra Biru.
Tridonarto, A., & Agency, B. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. PT Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.