PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH MASJID AGUNG AMPEL SURABAYA DALAM PERSPEKTIF SISTEM
Keywords:
Perencanaan Strategi Komunikasi, Dakwah, SistemAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan strategikomunikasi dakwah Masjid Ampeldenta atau dikenal sebagai Masjid Agung Ampel Surabaya. Melalui penelitian ini dapat memberikan pemahaman dakwaholeh peran salah satu wali Sembilan (wali songo), Raden Mohammad Ali Rahmatullah atau dikenal sebagai Sunan Ampel. Dalam berdakwah, beliau bersama sahabat karibnya yakni Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji dibantu para santri mendirikan pesantren yang selanjutnya direnovasi menjadi Masjid Ampel yang berlokasi di Surabaya. Seiring perkembangan zaman, Masjid Ampel atau Masjid Agung Ampel Surabaya mengalami transformasi proses dakwah salah satunya dengan menentukan perencanaan strategi komunikasi dakwah, terutama disertai perubahan kepengurusan Masjid.
Hasil penelitian menunjukkanperencanaan strategi komunikasi dakwah Masjid Agung Ampel Surabaya yaitu menentukan komunikator (da’i), rancangan pesan dakwah (maddah), media yang dipilih dan khalayak atau komunikan yang dituju (mad’u). Komunikator yang dipilih ialah mereka yang mempunyai kredibilitas dan pengetahuan akan keagamaan khususnya menyangkut program dakwah yang dilakukan, menyangkut kitab-kitab yang dipelajari salah satunya seperti kitab kuning. Terkait pesan dakwah, pengurus masjid memilih beberapa kitab yang penting untuk pengetahuan-pengetahuan tentang fiqih, serta memberikan pembelajaran tafsir yang dilakukan setiap hari selasa yang diisi oleh salah satu imam besar di Masjid Ampel yakni Kyai Zulmi. Selain itu, terdapat program lainnya seperti pembacaan diba’ setelah shalat subuh, pengajian fathul qorib dan riyadhus shalihin. Sedangkan setelah shalat magrib diadakan pembacaan ratibul haddad. Media dakwahnya adalah media cetak berupa kitab, media elektronik berupa instagram, facebook dan radio Ampel Denta 9.04 FM, dan media langsung (tatap muka) seperti pengajian dan kajian kitab. Sedangkan Target audien atau khalayak dalam dakwah Masjid Agung Ampel Surabaya adalah masyarakat umum khususnya umat Islam.
References
Aziz, Moh. Ali. 2017. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, 2017.
Cangara, Hafied. 2014. Perencaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hamiyatun, Nur. “Peranan Sunan Ampel Dalam Dakwah Islam Dan Pembentukan Masyarakat Muslim Nusantara Di Ampeldenta”, Jurnal Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam 5, no. 1 (Februari, 2019), 50.
Ibrahim, Muhsinah. “Dakwah ditinjau menurut Konsep Pendidikan Islam dan Teori Barat”, Jurnal Mudarrisuna 3, no. 2 (Juli-Desember, 2013), 351.
Khairi, Halilul. 2017.Dinamika Pelaksanaan Urusan di Bidang Persandian Pemerintah Daerah. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Ropik, Ainur. “Perencanaan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang”, Jurnal Intizar 23, no. 2 (2017), 329.
Saputra, Ari dan Bayu Mitra Adhyatma Kusuma. “Revitalisasi Masjid Dalam Dialektika Pelayanan Umat Dan Kawasan Perekonomian Rakyat.” Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam Al-Idarah 1, no. 1 (2017).
Sitepu, Yovita Sabarina. “Paradigma dalam Teori Organisasi dan Implikasinya pada Komunikasi Organisasi”, Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial 1, no. 2 (September, 2011).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.