PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI SISWA KELAS X SMA UNGGULAN AL HIDAYAH KUTOREJO
Keywords:
Facebook, media interaktif, DakwahAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahuai pemanfaatan facebook bagi siswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo; (2)untuk mengetahuai pemanfaatan facebook sebagai media dakwah bagi siswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan sampel dengan cararandom sampling.Adapun sampel tersebut adalah siswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, dapat diketahui hasil penelitian bahwa, pertama,pemanfaatan facebook bagi siswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo terbagi menjadi dua bentuk yaitu, facebook dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, facebook dimanfaatkan untuk media dakwah yaitu mengakses konten-konten islami. Kedua,pemanfaatan facebook sebagai media dakwah bagi siswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo yaitu, memberikan manfaat yang sangat banyak sebagai media dakwah.Facebookdikatakan efektif digunakan iswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo sebagai media dakwah, dengan penggunaan sesuai syariat Islam. Secara keseluruhan dakwah di facebookyang diterima adalah dakwah milenial yang menarik perhatian bagi siswa kelas X dan kemudian dibagikan ke media sosial yang mereka miliki.
References
Aminuddin.(2016). Media Dakwah. Jurnal Al-Munzir. https://dxdoi.org/10.31332/am.v9i2.786
Arifuddin, Andi Fikra Pratiwi. (2017). Film Sebagai Media Dakwah Islam. Jurnal Aqlam. https://dx.doi.org/10.30984/ajip.v2i2.523
Fakhruroji, Moch. (2007). Dakwah di Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Japarudin.(2012). Media Massa dan Dakwah. Jurnal Dakwah. https://doi.org/10.14421/jd.2012.13101
Junaidi.Pemanfaatan Instagram sebagai Media Dakwah di Kalangan Mahasiswa Kabupaten Aceh Barat. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.35308/source.v6i2.2601
Munir, M. (2015). Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.
Nurrahmi, Febri dan Puteri Farabuana.(2020). Efektivitas Dakwah Melalui Instagram. Jurnal Nyimak (Journal of Communication). https://dxdoi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2326
Pardianto.(2013). Meneguhkan Dahwah Melalui New Media.Jurnal Komunnikasi Islam.https://doi.org/10.15642/jki.2013.31.%25p
Syukur, Asmuni. (1983). Dasar-dasar Strategi Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.
Taufik, M. Tata. (2013). Dakwah di Era digital: Seri Komunikasi Islam. Pustaka Al-Ikhlas.
Tualeha, Hamzah. (1993). Pengantar Ilmu Dakwah. Surabaya: Indah Offiset.
Yaqub, Hamzah. (1992). Politik Islam. Bandung: Diponegoro. 1992
Zaidan, Abdul Karim. (1983). Dasar-Dasar Ilmu Dakwah.Jakarta: Media Dakwah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.