PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI SISWA KELAS X SMA UNGGULAN AL HIDAYAH KUTOREJO

Authors

  • Mochammad Anas Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto
  • Deyisnil Fariadi Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Keywords:

Facebook, media interaktif, Dakwah

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahuai pemanfaatan facebook bagi siswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo; (2)untuk mengetahuai  pemanfaatan facebook sebagai media dakwah bagi siswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan sampel dengan cararandom sampling.Adapun sampel tersebut adalah siswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, dapat diketahui hasil penelitian bahwa, pertama,pemanfaatan facebook bagi siswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo terbagi menjadi dua bentuk yaitu, facebook dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, facebook dimanfaatkan untuk media dakwah yaitu mengakses konten-konten islami. Kedua,pemanfaatan facebook sebagai media dakwah bagi siswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo yaitu, memberikan manfaat yang sangat banyak sebagai media dakwah.Facebookdikatakan efektif digunakan iswa kelas X SMA Unggulan Al Hidayah Kutorejo sebagai media dakwah, dengan penggunaan sesuai syariat Islam. Secara keseluruhan dakwah di facebookyang diterima adalah dakwah milenial yang menarik perhatian bagi siswa kelas X dan kemudian dibagikan ke media sosial yang mereka miliki.

References

Aminuddin.(2016). Media Dakwah. Jurnal Al-Munzir. https://dxdoi.org/10.31332/am.v9i2.786

Arifuddin, Andi Fikra Pratiwi. (2017). Film Sebagai Media Dakwah Islam. Jurnal Aqlam. https://dx.doi.org/10.30984/ajip.v2i2.523

Fakhruroji, Moch. (2007). Dakwah di Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Japarudin.(2012). Media Massa dan Dakwah. Jurnal Dakwah. https://doi.org/10.14421/jd.2012.13101

Junaidi.Pemanfaatan Instagram sebagai Media Dakwah di Kalangan Mahasiswa Kabupaten Aceh Barat. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.35308/source.v6i2.2601

Munir, M. (2015). Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurrahmi, Febri dan Puteri Farabuana.(2020). Efektivitas Dakwah Melalui Instagram. Jurnal Nyimak (Journal of Communication). https://dxdoi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2326

Pardianto.(2013). Meneguhkan Dahwah Melalui New Media.Jurnal Komunnikasi Islam.https://doi.org/10.15642/jki.2013.31.%25p

Syukur, Asmuni. (1983). Dasar-dasar Strategi Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.

Taufik, M. Tata. (2013). Dakwah di Era digital: Seri Komunikasi Islam. Pustaka Al-Ikhlas.

Tualeha, Hamzah. (1993). Pengantar Ilmu Dakwah. Surabaya: Indah Offiset.

Yaqub, Hamzah. (1992). Politik Islam. Bandung: Diponegoro. 1992

Zaidan, Abdul Karim. (1983). Dasar-Dasar Ilmu Dakwah.Jakarta: Media Dakwah.

Downloads

Published

2021-06-06

How to Cite

Anas, M., & Fariadi, D. (2021). PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI SISWA KELAS X SMA UNGGULAN AL HIDAYAH KUTOREJO. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 2(2), 117–123. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/50

Issue

Section

Articles