ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN (STUDI PADA CV. KONVEKSI ZAM-ZAM CANDIMULYO JOMBANG)

Authors

  • Mukhammad Yusuf Bunyamin Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto
  • Mohammad Fatikhul Khusaini SMPU Harapan Bangsa Puri

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Abstract

CV Konveksi Zam-Zam adalah perusahaan yang memproduksijilbab dan bajudi kota Jombang. Namun dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh CV. Konveksi Zam-zam banyak pesaing pesaing baru bermunculan dengan menawarkan berbagai jenis keunggulan yang berkualitas dan dengan harga yang relatif lebih murah dari CV. Konveksi Zam-zam.

Penelitian ini  menggunakan  analisis SWOT yang bertujuan untuk menentukan strategi yang tepat khususnya strategi pemasaran sehingga nantinya diharapkan perusahaan akan memperoleh keuntungan yang maksimal. 

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil analisis SWOT, diketahui bahwa CV. Konveksi Zam-zam berada pada posisi SO (Strenght Opportunity) faktor kekuatan lebih besar dari faktor peluang yang ada dimana faktor kekuatan (Strenght) memiliki bobot 0,7 dan skor 2,27 sedangkan faktor peluang (Opportunity) memiliki bobot 0,35 dan skor sebesar 1,55. Pada posisi ini perusahaan juga berada pada tahap Growth Strategy. Strategi pemasaran yang tepat digunakan untuk memasarkan produknya yaitu dengan menggunakan salah satu dari empat pilihan strategi SO WO ST WT dan strategi yang terbaik yang dapat digunakan merupakan strategi SO (Strenght-Opportunity) yaitu dengan meningkatkan kualitas produk dan memperluas target pasar sehingga dapat memacu perkembangan dan kelancaran CV. Konveksi Zam-zam dalam memasarkan produknya.

References

Amir,M.Taufiq.2011.Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi.Jakarta:Rajawali Pers.

Assauri, Sofjan. 2011.Manajemen pemasaran.Jakarta:PT.Rajagrafindo Persada.

Fuad,M.2006.Pengantar Bisnis.Jakarta:PT.Gramedia

Herdiansyah,Haris.2014.Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial”.Jakarta:Salemba Humanika

Herlambang, Susatyo.2014.Basic Marketing / dasar-dasar pemasaran.Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Kotler,Philip.2002.Manajemen Pemasaran.Jakarta:Prenhallindo.

Moleong,Lexy.2011.Metodologi Penelitian Kualitatif(Edisi Revisi).Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Narbuko,Cholid.2011.Metodologi Penelitian.Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Nilasari,Senja.2014.Manajemen STRATEGI Itu Gampang.Jakarta:Dunia Cerdas.

Rangkuti,Freddy.2014.Teknik Membedah Kasus Bisnis ANALISIS SWOT. Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.

Satori,Djam’am.2011.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:Alfabeta.

Siagian, P.Sondang.2007.Manajemen Srategik.Jakarta:Bumi Aksara.

Solihin,Ismail.2013.Pengantar Manajemen.Bandung:Erlangga.

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”.Bandung:Alfabeta.

Sule, Ernie T.2009.Pengantar Manajenen.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Bunyamin, M. Y., & Khusaini, M. F. (2022). ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN (STUDI PADA CV. KONVEKSI ZAM-ZAM CANDIMULYO JOMBANG). Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 3(1), 118–132. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/48

Issue

Section

Articles