IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN TEKONOLOGI MAJAPAHIT MOJOKERTO

Authors

  • M. Saifuddin Zuhri Institut K.H Abdul Chalim Pacet

Keywords:

manajemen pemasaran pendidikan, pesantren

Abstract

Dengan ini peneliti bertujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimana perencanaan manajemen pemasaran dalam persaingan global di pondok pesantren tekonologi mojopahit mojokerto. 2. Bagaimana penerapan pelaksanaan manajemen pemasaran dalam persaingan global di pondok pesantren tekonologi mojopahit mojokerto. 3. Bagaimana pengendalian manjemen pemasaran dalam persaingan global di pondok pesantren tekonologi mojopahit mojokerto. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Dalam proses perencanaan pemasaran Pendidikan, pondok pesantren tekonologi mojopahit mojokerto sangat memperhatikan kualitas lembaga Pendidikan serta fokus pada pelanggan Pendidikan. 2) Dalam proses pelaksanaan pemasaran Pendidikan, pondok pesantren tekonologi mojopahit mojokerto membentuk kepanitiaan dan bekerjasama dengan alumni dan tokoh masyarakat. 3) pondok pesantren tekonologi mojopahit mojokerto melakukan pengendalian memiliki rencana kontrol tahunan untuk mempermudah pengendalian yang dilakukan. Hasil dari pengendalian ini dapat digunakan untuk acuan  perencanaan pemasaran yang akan datang.

References

Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Daryanto, 2013, Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Muna. 2021. Impelementasi Manajemen Pemasaran Berbasis Total Quality Managemen. Ponorogo.

Pandji Anoraga. 2009. Manajemen Bisnis. Jakarta : Rineka Cipta.

David, 2016, Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jamal, 2005, Manajemen Efektif Marketing Sekolah. Yogyakarta: Diva Press. Kotler, Philip, 2015, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indek Kelompok Gramedia.

Mubaridah. 2016. Manajemen Pemasaran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Pada Lembaga PAUD Di Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang). Diterbitkan Di Semarang, Universitas Semarang.

Philip Kotler, Gary Armstrong. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Prenhalindo.

Rahayu. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar

Ritongga Dkk. 2018. Majamene Pemasaran Konsep Dan Strategi. Medan. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijoyo Dkk. 2020. Menejemen Pemasara di era globalisasi. Banyumas: Cv pena persada.

Sudarya Yahya, 2007, Service Quality Satifaction Dalam Pelayanan Pendidikan. Kajian Teoritis Dalam Jurnal Pendidikan Dasar.

Uhsinatul. 2020Negeri. Implementasi Manajemen Pemasaran Berbasis Total Quality Management (TQM) Di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Diterbitkan Di Ponorogo, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Zuhri, M. S. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN TEKONOLOGI MAJAPAHIT MOJOKERTO. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(2), 202–214. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/115

Issue

Section

Articles