FLEXING PADA PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM
Keywords:
Flexing, konsumsi, perilaku konsumenAbstract
Perkembangan teknologi menghasilkan media sosial tidak hanya digunakan buat bertukar informasi. Lebih jauh lagi media sosial waktu ini dipergunakan untuk media pemasaran. Pemasaran yang berkembang dimasyarakat waktu ini identik dengan kenyataan flexing atau pamer kekayaan, dengan tujuan meyakinkan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor penyebab flexing dan bagaimana perilaku tersebut dipandang dari sudut pandang teori sikap konsumen Islam. Metode yang dipergunakan ialah metodologi penelitian kualitatif menggunakan pendekatan analisis pustaka. hasil penelitian ini ada 5 faktor penyebab flexing, yaitu untuk meningkatkan harga diri atau gambaran diri, mendapatkan pasangan berasal golongan tertentu, sebagai wahana pemasaran, lingkungan dan kepribadian yang membentuk karakter dan kurangnya ikut merasakan terhadap orang lain. Flexing yang tidak sinkron dengan sikap Konsumen Islami karena bertentangan dengan prinsip, tata cara dan etika konsumsi serta juga bertentangan dalil-dalilnya baik berasal Al Quran juga dari hadis Nabi Muhammad SAW
References
Bakti, Indra Setia, Anismar Anismar, and Khairul Amin. (2020). Pamer Kemewahan: Kajian Teori Konsumsi Thorstein Veblen. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi) 14.1 81-98.
Cahyani, D. R. (2021). China Larang Keras Selebritas Pamer Kekayaan di Media Sosial.
Tempo. https://dunia.tempo.co/
Darmalaksana, Wahyudin. (2022). Studi Flexing dalam Pandangan Hadis dengan Metode Tematik dan Analisis Etika Media Sosial. Gunung Djati Conference Series. Vol. 8.
Dzulfaroh Naufal Ahmad, (2022), Flexing adalah Sikap Pamer dan Bisa Jadi Hanya Strategi Marketing, Kompas.com
Furqani, Hafas. (2017). Consumption and morality: Principles and behavioral framework in Islamic economics. Journal of King Abdulaziz University: Islamic Economics 30
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muflih, Muhammad. (2006). Perilaku konsumen dalam perspektif ilmu ekonomi Islam. Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.