PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENYEWA LAPANGAN FUTSAL DI JFC (JOMBANG FUTSAL CENTER)

Authors

  • wahyu aris setyawan sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto

Keywords:

Harga, Pelayanan, Keputusan Konsumen

Abstract

Persaingan pada saat ini dalam lingkungan bisnis terbilang sangat ketat dan syarat akan perubahan. Banyak produsen barang dan jasa dari suatu daerah yang bersaing dengan produsen  daerah  lain untuk menarik minat konsumen di dalam perdagangan bebas. Untuk menarik minat konsumen membeli produk yang ditawarkan maka dibutuhkan adanya promosi yang efektif, harga yang kompetitif dibandingkan harga yang ditawarkan pesaing, kualitas produk yang bermutu dan juga pelayanan yang mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan pelayanan terhadap keputusan konsumen menyewa lapangan futsal di JFC (Jombang Futsal Center).

Pendekatan statistik kuantitatif dengan uji regresi linier berganda. Metode pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian menggunakan skala likert. Dalam pengambilan sampel penelitian ini peneliti mengambil 25% dari populasi yang berjumlah 140 orang yaitu 35 orang.

Hasil pengujian secara simultan menggunakan uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 5,194 dan F tabel sebesar 3,294, karena Fhitung > F tabel, maka variabel harga dan pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan konsumen menyewa lapangan futsal di JFC (Jombang Futsal Center). Secara parsial harga berhubungan negatif terhadap keputusan konsumen, karena jika harga naik maka keputusan konsumen menurun, sedangkan pelayanan berhubungan positif terhadap keputusan konsumen, karena jika pelayanan meningkat maka keputusan konsumen juga meningkat. Namun secara bersama-sama harga dan pelayanan berhubungan positif terhadap keputusan konsumen, karena jika harga dan pelayanan meningkat maka keputusan konsumen menyewa lapangan futsal di JFC (Jombang Futsal Center) juga akan meningkat

References

Akbar, Adam. 2012. Analisis pengaruh citra merk, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian notebook toshiba.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Amanah, Dita. 2010. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada majestyk bakery & cake shop cabang H.M. Yamin Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis Maret vol.2,No.1

Arikunto, Suharsimin. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta : Rineka Cipta.

Bahri.2011. Analisis pengaruh harga, pelayanan, atmosfer kenyamanan, keragaman produk, dan desain toko terhadap keputusan pembelian konsumen pada gardena department store.Hal 3-4.

Hamdani. 2010. Pengaruh produk, harga, dan distribusi terhadap keputusan pedagang eceran membeli keripik usus ayam pada perusahaan bintang bersinar di samarinda. Hal 4-5.

Iskandar,Ridwan.2009.PengertianHarga.http://ridwaniskandar.files.wordpress.com/2009/05/91pengertian-harga.pdf.pkl:09.29 [15 Desember 2013]

Maulana, Agus. 1994. Strategi dan Program Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Munawaroh. 2012. Panduan Memahami Metodelogi Penelitian.Malang : Wisma Kalimetro

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta :Mediakom.

Purwati, Heri Setiawan, dan Rohmawati. 2012. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian motor honda matic beat pada pt. Nusantara Solar Sakti. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi September vol.2, No.3

Rediono Tan, Erwin. 2011. Pengaruh Faktor Harga, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Belanja Di Alfamart Surabaya. Jurnal Kewirausahaan Desember Vol.5, No.2

Setiadi, Nugroho. 2008. Prilaku Konsumen (konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran).Jakarta : Kencana

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Tahta Kusumanegara, Erlangga. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Di Baskin Robbins Ice Cream Mal Ciputra Semarang.Hal 28-35

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

aris setyawan, wahyu. (2022). PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENYEWA LAPANGAN FUTSAL DI JFC (JOMBANG FUTSAL CENTER). Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 3(2), 187–200. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/73

Issue

Section

Articles