AnalisisOperasional Pelayanan Terhadap Pendaftaran Pasien Di Rumah Sakit Umum Dr.Wahidin Sudiro Husodo

Authors

  • Syamsul Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda
  • Givanola Tri Setyoaji Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda
  • Nur Aini Anisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda
  • Siswohadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda

Keywords:

Layanan Kualitas Kesehatan, Pendaftaran Rawat Jalan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh operasional pelayanan terhadap pendaftaran pasien di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Mojokerto. Mendapatkan layanan kesehatan adalah salah satu hak dasar penduduk Indonesia, selain layanan pendidikan, hukum perlindungan, layanan kesehatan yang mudah juga diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat. RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto adalah salah satu layanan pemerintah yang menyediakan layanan dalam kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kesehatan kualitas layanan terhadap pendaftaran pasien  di RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan terhadap pendaftaran pasien rawat jalan di RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto, lima dimensi kualitas yang digunakan, yang nyata, keandalan, proses responsif, kepastian, dan empati. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Staf pendaftaran pasien rawat jalan digunakan sebagai informan sesuai dengan deskripsi pekerjaan di RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Data sedang dikumpulkan dengan mengamati, wawancara mendalam, dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, tinjauan data, dan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan pelayanan kesehatan di RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto terhadap pelanggan yang mengalami layanan yang diberikan telah mampu memberikan kepuasan

References

Arifin, Utomo, Nuryadi(2018). Kinerja Pelayanan Publik Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sememi Surabaya . JurnalMitraManajeman.

Depkes RI. 2007. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia (Edisi Revisi II). Jakarta: Depkes RI.

Rahayu S. 2009. Pengembangan Model Sistem Informasi Rumah Sakit Pada Instalasi Radiologi Rawat Jalan Untuk Mendukung Evaluasi Pelayanan Di RS Paru DR. Ario Wirawan Salatiga. [Tesis]. Semarang: Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Arifin, S., Setyoaji, G. T., Anisa, N. A., & Siswohadi. (2021). AnalisisOperasional Pelayanan Terhadap Pendaftaran Pasien Di Rumah Sakit Umum Dr.Wahidin Sudiro Husodo. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 2(1), 43–56. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/27

Issue

Section

Articles