Penerapan Buku Kontrol Terhadap Pembiasaan Beribadah Shalat Siswa Kelas IV SD Plus Cahaya Budaya Krembung Sidoarjo
Keywords:
Buku Kontrol, Pembiasaan ShalatAbstract
Penelitian ini didasarkan dari rendahnya kesadaran beribadah khususnya shalat pada
siswa yang tidak mempunyai kesempatan tinggal di pondok pesantren, kualitas
komunikasi antara siswa dan wali murid sedangkan pendidikan agama harus di ajarkan
secara pembiasaan mengingat usia Sekolah Dasar adalah pondasi pendidikan yang harus
dibagun dengan kokoh. Metode dalam penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan
pendekatan deskriptif kulitatif. Hasil penelitian: berdasarkan pernyataan guru kelas,
wali murid dan siswa menunjukkan dengan adanya buku kontrol ibadah shalat
membawa dampak positif bagi siswa. Siswa menjadi lebih memahami kewajibannya
untuk melaksanakan ibadah shalat dan menjadi terbiasa untuk melaksanakan ibadah
shalat.
References
Hasyim, 2018: Pendidikan Ketaatan Beribadah dan Aktualisasinya. Jurnal Pendidikan
Madrasah Ibtidaiyah. 2(1)
Sujiono, 2015:Pengaruh Ketaatan Beribadah Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa UIN
Walisongo Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 35(1).
Wahab, M. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Siswa untuk
Mengerjakan Shalat di SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral
Dissertation, IAIN Salatiga).
Reber, Arthur S. dan Emily S. Reber. 2010. Kamus Psikologi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Dewi, F., & Sa’diyah, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Fiqih Perspektif
Psikologi dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa MTS Daarussalaam Depok.
Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(4), 481–495
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.