STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN EKUITAS MEREK PADA UMKM

Authors

  • Akhmad Nasir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol
  • Achmad Nur Fuad Chalimi sekolah tinggi ilmu ekonomi gempol

Keywords:

Pemasaran digital, ekuitas merek, brand awareness, UMKM, kepercayaan pelanggan

Abstract

Jurnal ini memaparkan strategi pemasaran digital yang digunakan untuk meningkatkan nilai merek UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) di Platform Pakaian. Di era digitalisasi yang semakin meningkat, UMKM perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk mengenalkan produk dengan memperluas jangkauan pasar dan membangun kepercayaan pelanggan terhadap mereknya. Pemasaran digital mencakup berbagai macam elemen yang berbeda seperti media sosial, situs web, mesin pencari, dan kampanye iklan online. Jurnal ini memperkenalkan berbagai strategi pemasaran digital yang penting bagi UMKM dan dapat diterapkan untuk meningkatkan pengakuan konsumen terhadap merek. Jurnal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai strategi pemasaran digital untuk meningkatkan nilai merek UMKM. Dengan menerapkan strategi yang relevan dan efektif, UMKM diharapkan dapat memanfaatkan potensi pasar digital dan meraih kesuksesan yang lebih besar. Jurnal ini menggunakan metode penelitian literatur review dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang memperoleh data dari data sekunder penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil studi literatur ditemukan bahwa strategi pemasaran digital yang efektif dan tepat berpengaruh terhadap nilai merek produk khususnya bagi UMKM.

References

Aaker, D. A. (2009). Managing brand equity. simon and schuster.

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12-12.

EKON. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Available at: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah, diakses tanggal 15 Juni 2023

Godin, S. (2021). Permission Marketing: Turning Strangers Into Friends And Friends Into Customers. New York, NY: Simon & Schuster.

Kotler, P., & Lee, N. (2019). Social Marketing: Changing Behaviors for Good. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Nurdin, S., & Hardianti, L. (2022). Meningkatkan Minat Beli melalui Strategi Digital Marketing Dan Ekuitas Merek. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 36-46.

Patel, N., & Puri, R. (2018). The Definitive Guide to Emotional Marketing. Diperoleh dari: https://neilpatel.com/blog/emotional-marketing/

Pramadyanto, M. R. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 69-92.

Putri, N. L. I., & Fauziyyah, S. (2018). Peran Digital Marketing Terhadap Brand Equity Produk Pariwisata. UNEJ e-Proceeding, 406-410.

Schmitt, B. H. (2020). Experiential Marketing: How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, Relate. New York, NY: Free Press.

Wicaksono, P. (2023) Pengertian Digital Marketing. Available at: https://www.qubisa.com/article/digital-marketing-menurut-ahli, diakses tanggal 18 Juni 2024

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Nasir, A., & Chalimi, A. N. F. (2024). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN EKUITAS MEREK PADA UMKM. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 5(2), 202–208. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/208

Issue

Section

Articles