PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA GURU DI SMPI BRAWIJAYA PUNGGING MELALUI BUDAYA LITERASI DIGITAL
Keywords:
Sumber Daya Manusia, Guru, Literasi DigitalAbstract
Perkembangan teknologi informasi di era digital yang semakin pesat menyebabkan sumber
daya informasi digital semakin melimpah. Kondisi peserta didik di sekolah saat ini
memiliki ketergantungan terhadap pencarian informasi di internet yang tinggi. Di samping
itu banyaknya tuntutan bagi guru untuk memenuhi tugas-tugas administrasi pendidikan
yang serba digital. Oleh karena itu, guru selaku tenaga pendidik atau pengajar di sekolah
harus memiliki keterampilan literasi digital yang cukup agar dapat melaksanakan tugastugasnya sebagai pengajar dan pendidik dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menjelaskan dan mempertegas atas pentingnya meningkatkan sumber daya manusia guru
melalui budaya literasi digital. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif
deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode kuisioner
didukung dengan wawancara langsung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
multistage random sampling. Hasil penelitian menujukan bahwa tingkat kompetensi literasi
digital guru di SMPI Brawijaya berdasarkan beberapa aspek kompetensi literasi digital
tergolong tinggi
References
Ala-Mutka, Kirsti. 2011. Mapping Digital Competence:Towards A Conceptual Understanding.
Luxembourg: Publications Office of the European Union Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2015.
Pengguna Internet Indonesia Tahun 2014, Sebanyak 88,1 Juta (34,9%)., diakses dalam
html.
Bawden, David. 2001. Informaion and Digital Literacies: A Review of Concepts Journal of Documentation, Vol. 57
Iss 2 pp. 218–259. 2001, diakses dalam
http://www.emeraldinsight.com.ezproxy.ugm.ac.id/doi/pdfplus/10.1108/EUM0000000007083
Gerrits, Hendrickus., Saur Tampubolon., dkk. 2015. Analisis Pemanfaatan Internet untuk Meningkatkan
Profesionalisme Guru. Dikses dalam http://ejournal.unpak.ac.id
Gilster. 1997. Digital Literacy. New York: Wiley Hery, Fitriadi. 2012. Ketrampilan TIK Guru Produktif SMK di
Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi
Vol.2(nomor.2)
Jones, Rodney H. & Hafner, Christoph A. 2012. Understanding Digital Literacies: A Practical Introduction. New
York: Routledge
Purnamaputri, Dinni Rosida. 2014. Kebijakan Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru (Studi pada Guru SD
Serayu Yogyakarta). Skripsi, Ilmu Sosiologi , Universitas Gadjah Mada.
Rahman, Saemah. 2008. Kemahiran Mengakses dan Mempelajari Bahan Hiperteks dalam Kalangan Guru Pelatih.
Jurnal Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia.
Sugihartati, Rahma. 2014. Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta Tjiptono, Fandy. 2007. EBusiness. Yogyakarta : Andi.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Mengenai Guru dan Dosen. Dapat diakses pada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.