PENGARUH EMOSIONAL QUOTIENT DAN SPIRITUAL QUOTIENT TERHADAP KINERJA GURU SMP AN_NUR BULULAWANG MELALUI ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Khoirudin Institut Teknologi dan Bisnis Malang

Keywords:

Emotioanl Quotient, Spiritual Quotient, Engagement dan Kinerja Guru

Abstract

Emotional quotientl, Spiritual Quotient dan Engagement tak terpisahkan dalam kehidupan seseorang, oleh karena itu dalam upaya pembentukan dan pengembangan sikap maka Kedua kecerdasan tersebut saling berhubungan. kecerdasan di atas sangat penting dan harus dikembangkan dalam kehidupan seseorang. Hal ini disebabkan karena Emotional Quotient diperlukan untuk mengatasi masalah afektif, dan Spiritual digunakan untuk mengatasi masalah bermakna dalam menjalani kehidupan,Engagement di perlukan untuk menjaga kestabilan untuk meyelesaikan segala tugas yang telah di amanhakan kepada pegawai.

Penelitian dilakukan di SMP An-Nur Bululawang. Tujuan penelitian iniadalahuntukmengujidanmenganalisispengaruhEmotionalQuotientterhadap kinerja Guru SMP An-Nur Bululawang, spiritual quotient terhadap kinerja Guru SMP An-Nur Bululawang, Engagement terhadap kinerja Guru SMP An-Nur Bululawang Emotional Quotient terhadapkinerjaGuru SMP An-Nur Bululawang melalui variabel Engagement dan spiritual quotient terhadap kinerja Guru SMP An-Nur Bululawang melalui variabel Engagement.

Variabel yang digunakan adalah Emotional quotient, dan Spiritual Quotien sebagai variable Endogen, kinerja. Engagemen sebagai variabel intervening dan kinerja Guru sebagai variabel eksogen. Sampel yang digunakan adalah Guru SMP An-Nur Bululawang sebanyak 48 responden.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS17.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Emotional Quotient berpengaruh terhadap kinerja Guru SMP An-Nur Bululawang, spiritual quotient berpengaruh terhadap kinerja Guru SMP An-Nur Bululawang, Engagement berpengaruh terhadap kinerja Guru SMP An-Nur Bululawang, Emotional Quotient berpengaruh terhadap kinerja Guru SMP An-Nur Bululawang melalui variabel Engagement dan spiritual quotient berpengaruh terhadap Guru SMP An-Nur Bululawang melalui variabel Engagement.

References

Gadung Yuli Widyantoro. 2015. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Spiritual Dan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Di Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Kabupatenpurworejo. Fe. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Goleman, D, 2000, Kecerdasan Emosi :Mengapa Emotional Intelligence Lebih Tinggi Dari pada IQ, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,

Hakim, Lukman.2011. Membangun Emotional Quotient Unggul Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Era Kompetitif. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis,Vol. 15 (2): hlm. 148-158

Hasan, Aliah B. Purwakarta. 2006. Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia Dari Prakelahiran Hingga Pascakematian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Idrus, Muhammad. 2002. Kecerdasan Spiritual MahasiswaYogyakarta, Psikologi Phronesis, Jurnal lmiah danTerapan, Vo.4, No.8, Desember 2002.

Kahn, W.A (1990).Psychological Conditions Of Personal Engagement And Disengagement At Work. Academy Of Management Journal, Vol 33 Pp 692-724

Mathis, R,L, dan Jackson, 2006. Human Resource Manage

Robbin S.P, 2006. Perilaku organisasi, edisi kesepuluh, PT. Indeks : Kelompok gramedia, jakarta.

Downloads

Published

2021-06-06

How to Cite

Khoirudin. (2021). PENGARUH EMOSIONAL QUOTIENT DAN SPIRITUAL QUOTIENT TERHADAP KINERJA GURU SMP AN_NUR BULULAWANG MELALUI ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 2(2), 211–227. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/61

Issue

Section

Articles