Implementasi Program Sholat Dzuhur Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Peserta Didik Kelas Vi Di Sd Ma’arif Jogosari Pandaan

Authors

  • megawati mahalil asna sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto

Keywords:

Implementasi program sholat dhuhur, kecerdasan spiritual

Abstract

Pendidikan Nilai-nilai agama dan budaya kini seringkali bertentangan mengakibatkan merosotnya etika dan karakter anak dalam kehidupan sehari-hari karena pengaruh dari dunia luar yang dia lihat. Tidak hanya itu penyimpangan juga terjadi pada norma kehidupan baik agama maupun sosial, terlebih lagi anak-anak zaman sekarang kurang sekali mengenai pemahaman norma-norma agama. Lembaga SD Maarif Jogosari kecamatan Pandaan termasuk pendidikan formal dalam hal ini lembaga berusaha memaksimalkan yang namanya penanaman nilai-nilai keagamaan dalam mata pelajaran agama dan juga memaksimalkan kegiatan keagamaan berupa pelaksanaan ibadah yang wajib maupun sunnah kepada peserta didik. Kegiatan keagamaan dalam lembaga sekolah haruslah dijadikan sebagai tradisi pada masyarakat sekolah, karena nantinya sebuah tradisi akan selalu terlestarikan dan akan selalu turun temurun dan nantinya memudahkan dalam penanaman nilai-nilai spiritual yang mampu mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik.

Metode yang digunakan peneliti yaitu metode kualitatif yaitu pendekatan penelitian yang diselenggarakan dalam setting alamiah, memerankan peneliti sebagai instrumen pengumpul data, menggunakan analisis induktif, dan berfokus pada makna menurut perspektif partisipan, dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.

                 Implementasi program sholat dzuhur di SD Ma’arif Jogosari Pandaan yaitu diwajibkannya semua peserta didik kelas VI dalam melakukan sholat dzuhur secara berjamaah bertujuan agar semua peserta didik mengetahui pentingnya ibadah. Namun ada beberapa faktor penghambat dan pendukung serta ada dampaknya seperti lebih mengerti akan pentingnya beribadah tanpa adanya paksaan dari siapapun, bukan hanya itu kecerdasan spiritual peserta didik yang berkembang yaitu sifat baik, akhlakul karimah peserta didik juga berdampak. Peserta didik tahu dan paham tentang tolong menolong, menghormati yang lebih tua serta sifat baik lainnya

References

Al Mahfani, dan M Khalilurahma (2015). Berkah Sholat Dzuhur Jakarta : Wahyu

Alim, Muhammad. (2011) .Pendidikan Agama Islam:Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsini. (2008). Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Amzah, Suharsono, (2011). Melejitkan IQ,IE dan IS Jakarta : Inisiasi Press.

Baharuddin, Esa Nur. (2016). Teori belajar dan Pembelajaran , Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dinanjar, Ary. (2015). Rahasia Sukses Membangun ESQ Emotional Spiritual Qoutient. jakarta : Penerbit Arga.

Fatchan. (2016). Metodologi penelitian kualitatif , Malang:Jenggala Pustaka Utama.

Imran, M. (2014). Penuntun Sholat Dzuhur, Semarang: Karya Ilmu. Margono. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan , Jakarta : PT Rineka Cipta.

Moleong,Lexy. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muhaimin azzet, Ahmad. (2013).Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak , Yogyakarta : Ar Ruzz Media Group

Ngermanto, Agus. (2015). Quantum Quotient, Cara Praktis Melejitkan IQ,EQ,dan SQ . Bandung : Nuansa.

Rasjid, Sulaiman. (2014). Fiqh Islam Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Peserta didiknto,Wahyudi.( 2016). Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak, Jakarta :

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidkan: Pendekatan Kuantitati Kualitatif, R&D. Bandung:

Alfabeta, CV.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

asna, megawati mahalil. (2024). Implementasi Program Sholat Dzuhur Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Peserta Didik Kelas Vi Di Sd Ma’arif Jogosari Pandaan. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 5(1), 1–5. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/131

Issue

Section

Articles