PENGUATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PROGRAM MAGANG PADA DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI
Keywords:
Penguatan Kompetensi, program magang, siswa, DUDIAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan proses penguatan kompetensi siswa melalui program magang di PT. Tirta Semesta Engineering Sidoarjo sebagai Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara kepada 3 orang yang dipilih secara purposive, observasi dan studi dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan kompetensi siswa melalui program magang pada DUDI melalui tiga tahapan utama yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan dilakukan melalui melalukan identifikasi sekolah atau yang relevan untuk dijadikan rekanan magang siswa dengan memperluas jaringan kerjasama melalui proses penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Tujuannya agar penempatan siswa-siswi magang pada bidang yang sesuai dengan keahlian mereka Pada tahap pelaksanaan, pihak DUDI memberi pengetahuan praktis kepada siswa melalui pelatihan dan praktik langsung di lapangan dengan mengacu pada rundown dan job description siswa di lokasi magang selama tiga bulan. Pada tahap akhir yakni evaluasi, pihak DUDI melakukan penilaian kinerja setiap siswa. Tujuannya adalah untuk untuk menilai efensiensi dan efektivitas pelaksanaan magang guna mendapatkan umpan balik untuk peningkatan mutu program dan pendidikan pada umumnya.
References
Amalia, Rezki, Arman Bin Anuar, and Ainul Fahmi. ‘Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Efektifitas Pelaksanaan Magang Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Dengan Menggunakan Metode CIPP’. Jurnal Bimbingan dan Konseling 7, no. 2 (2023): 239–251.
Aswita, Dian. ‘Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan’. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi Dan Kependidikan, 9:56–61, 2022.
Azizah, Nur, Sigit Santoso, and Sri Sumaryati. ‘Pengaruh Persepsi Magang Dunia Usaha/Dunia Industri Dan Pengalaman Organisasi Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa’. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi 5, no. 1 (2019): 95–106.
Baharuddin, Muhammad Rusli. ‘Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi)’. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2021): 195–205.
Cresswell, John W. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Fanora, A Adnan, F Fauzi. ‘Kendala Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) PGSD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Di SDN 29 Banda Aceh’. Elementary Education Research 4, no. 1 (2019): 1–8.
Ixtiarto, Bambang. ‘Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (Kajian Aspek Pengelolaan Pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri)’. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 26, no. 1 (2016): 57–69.
Junaidi, Junaidi. ‘Manfaat Kolaborasi Antara Sekolah Dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Siswa Dan Guru Di SD’. Jurnal Edukasi El-Ibtida’i Sophia 3, no. 1 (2024): 20–26.
Khotimah, Siti, and Triana Rosalina Noor. ‘Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar’. Nuris Journal of Education and Islamic Studies 4, no. 1 (2024): 33–42.
Lantip, Prasojo. Maajemen Mutu Pendidikan. UNY Press, 2016.
Mattew B. Miles, A. Michael Hubermen, Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methodhs Sourcebook. California: Sage Publication, 2014.
Murniati, A R. ‘Strategi Kerjasama Sekolah Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (Du/Di) Dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan Pada Smk Negeri 3 Banda Aceh’. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah 3, no. 2 (2015): 148–158.
Murniati, A R, and Nasir Usman. Implementasi Manajemen Stratejik Dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2009.
Noor, Triana Rosalina. ‘Urgensi Perencanaan Pembelajaran Pada Masa Pandemi’. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (2022): 34–44.
Noor, Triana Rosalina, and Izzatul Islamiya. ‘Analisis Faktor Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam’. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 10, no. 2 (2023): 124–138.
Noor, Triana Rosalina, and Mazaya Razan Alsya Nur Shabrina. ‘Strategi Pengembangan Sekolah Unggulan (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Kejuruan Migas, Cepu)’. Kariman: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 10, no. 2 (2022): 223–240.
Oviyanti, Fitri. ‘Peran Organisasi Kemahasiswaan Intrakampus Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa’. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2016): 61–79.
Rahmawati, Ryan. ‘Kerjasama Humas Sekolah Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri (Dudi) Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Siswa Di Smkn 2 Ponorogo’. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2022): 90–99.
Shabrina, Mazaya Razan Alsya Nur, and Triana Rosalina Noor. ‘Relevansi Antara Kompetensi Mata Pelajaran Produktif Dengan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Siswa’. Indonesian Journal of Innovation Science and Knowledge 1, no. 1 (2024): 335–349.
Siregar, Nurhayani, Rafidatun Sahirah, and Arsikal Amsal Harahap. ‘Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0’. Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 141–157.
Sitanggang, Marsiana Luciana. ‘Pentingnya Softskill Untuk Persiapan Magang Siswa Smk’. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera 1, no. 2 (2020): 190–196.
Solihin, Ismail. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga, 2012.
Sugiyono, Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta, 2016.
Tanjung, Muna Haddad Al Ansori, Netty Bayani Harahap, Martina Enjeli Siboro, and Muharrina Harahap. ‘Program Magang Keahlian Sebagai Sarana Praktik Dan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Di Bidang Penerbitan’. Indonesian Journal of Community Services 5, no. 1 (2023): 1–11.
Terry, George R, and Leslie W Rue. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
‘Hasil Wawancara Dengan Pegawai UPT PS Tresna Werdha Pasuruan 31 Desember 2019 Pkl 10.00 WIB’ (n.d.).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.