HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN SOSIAL DENGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP BABURROHMAH MOJOSARI
Keywords:
bimbingan sosial, kemampuan berkomunikasiAbstract
Dengan standar kompentensi lulusan satuan pendidikan dari satuan pendidikan dasar
tingkat SMP/MTs/SMPLB/Paket B yang diantaranya adalah mampu berkomunikasi dan
berinteraksi secara efektif dan santun, sedangkan bimbingan sosial mempunyai peranan penting
bagi individu siswa. Oleh karena itu penting mengetahui hubungan antara bimbingan sosial
dengan kemampuan berkomunikasi siswa tingkat SMP agar diketahui standar kompentensi
lulusan yang dihasilkan oleh satuan pendidikan. Rumusan masalah penelitian, bagaimanakah
bimbingan sosial dan kemampuan komunikasi siswa kelas VIII di SMPI Baburr Rohmah
Mojosari Tahun 2019, adakah hubungan bimbingan sosial dengan kemampuan berkomunikasi
siswa dan seberapa besar hubungan bimbingan sosial dengan kemampuan komunikasi siswa.
Hipotesis penelitian ini ada hubungan antara bimbingan sosial dengan kemampuan
berkomunikasi siswa kelas VIII SMPI Babur Rohmah Mojosari. Hasil dari penelitian bahwa
bimbingan sosial pada siswa kelas VIII SMPI Babur Rohmah Mojosari dikategorikan baik pada
interval 35-44 (82.46%), dan kemampuan berkomunikasi siswa dalam kategori baik pada interval
42 - 54 (64.91%). Hasil ada hubungan antara bimbingan sosial dengan kemampuan
berkomunikasi siswa kelas VIII SMPI Babur Rohmah Mojosari Tahun 2018/2019, dengan nilar
r-hitung (0,387) lebih besar dari r tabel (0,330) pada taraf signifikan α = 0,01. Besarnya
hubungan bimbingan sosial dengan kemampuan berkomunisi siswa sebesar 14, 9769 %
selebihnya 85,0231% dipengaruhi oleh faktor lain.
References
Ainur Rosyad, 2008. Hubungan Antara Layanan Bimbingan Dan Konseling Dengan Ketertiban Siswa Kelas VIII
SMPN 3 Kutorejo Tahun 2007/2008. Skripsi Sarjana. Universitas Darul Ulum Jombang.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu PendekatanPraktek, Jakarta : PT. Rineka Cipta
Bahrurrozi, Nanang.2006. Hubungan Antara Kegiatan Bimbingan dan Konseling Dengan Prestasi Siswa Kelas VIII
SMP Hasannuddin Mojosari Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi Sarjana. Universitas Darul Ulum
Jombang.
Bidayati, 2006. Hubungan Antara Bantuan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa kelas VII SMP WIDYA
GAMA Mojosari. Skripsi Sarjana. Universitas Darul Ulum Jombang.
Hasan, Hafid, al-Mas’udi, tt, Taisirul Kholaq, Surabaya: Al-Hidayah
http:// thejargon.multiply.com. 2008. Pengertian Bimbingan dan Konseling.Artikel (online),
(diakses 20 Maret 2009)
http:// panggihcahyo.woord press.com. 2008. Bimbingan Sosial Siwa SLTA, Artikel, (online), (
diakses 20 Maret 2009).
http:// sindoh journey.word press.com. 2007 Proses Sosial dan Interaksi Sosial. Artikel, (online),
(diakses 20 Maret 2009).
http:// inherent.brawijaya.ac.id. 2008. Elemen-Elemen Komunikasi antar pribadi. Artikel,
(online), (diakses 20 Maret 2009).
Mahmud,Moh. Sani. 2007. Pengantar Metode Research. Mojokerto: Darul Falah Press
_______, 2008. Pedoman Penulisan Skripsi Artikel Makalah. Mojokerto: Thoriq Al Fikri
Mulyana, Dedy. 2003. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Posdakarya
Nawawi, Muhammad, tt, Maroqil Ubudiyyah, Semarang: Usaha Keluarga
Nur Salim, Muchammad dkk, 2005. Strategi Konseling.Surabaya: UNESA Unive rsity Press.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada
Media Group
Singgih, Santoso. 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat, Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Sunyono, Hadi. 2005. Buku Pengembangan Kopetensi Guru. Mojokerto: Darul Falah Press.
Surya, Mohammad, 2003. Psikologi Konseling, Jakarta: Pustaka Bani Quraiys.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.