SETRATEGI SEKOLAH PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BIDANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • nur arofah tis'ina sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto
  • ahmad amiq fahman universitas yudharta pasuruan

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Pendidikan lintas budaya (multikultural) menawarkan satu alternatif melalui penerapan strategi dan rencana Pendidikan didasarkan pada penggunaan keragaman dalam masyarakat, pada khususnya dikalangan pelajar seperti suku, budaya, Bahasa, agama dan ras. Yang paling utama, strategis pedagogis ini tidak hanya ditujukan untuk memastikan bahwa siswa muda untuk memahami pelajaran yang sedang dipelajarinya tetapi juga untuk mengunggulkan rasa mereka untuk memiliki sikap yang manusiawi, pluralistic, dan demokratis. Sedangkan secara luas pendidikan multikultural itu mencakup seluruh siswa tanpa membedakan kelompok-kelompoknya seperti gender, etnic, ras, budaya, strata sosial dan agama. Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui strategi yang dilakukan agar tercipta pendidikan kewarganegaraan berwawasan multicultural. Penelitian ini menggunakan metode  pendekatan studi kepustakaan. Dengan hasil Strategi pembelajaran sekolah merupakan instrumen atau alat yang efektif untuk membangun dan mengembangkan pendidikan multikultural yang lebih baik. Dalam pengembangan proses belajar mengajar, lembaga pendidikan tidak hanya harus memperhatikan dalam kemampuan akademik saja, melainkan juga memperhatikan dan mengembangkan pemahaman antar budaya, yang sangat diperlukan dalam masyarakat Indonesia yang majemuk dan multikultural. sehingga sekolah dapat menyediakan bahan ajar dan mengembangkan kesempatan belajar bagi siswa untuk memahami materi, menghilangkan hambatan yang timbul dari perbedaan latar belakang budaya menghormati dan menghargai perbedaan dan membentuk sikap dan perilaku dalam situasi etnis yang beragam

References

Djahiri, A. Kosasih. (1985). Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral VCT dan Games dalam VCT. LP3 IPS FKIS IKIP Bandung.

Yaqin, Ainul. (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.

Zubaidi. 2004. Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Hermina Vol.3 no.1.p.77.

Bank, James, (ed), 1993. Multicultural Education: Issues and. Perspectives.London: Allyn and Bacon Press. Abdullah, Al Habsyi. 2004

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

tis’ina, nur arofah, & fahman, ahmad amiq. (2023). SETRATEGI SEKOLAH PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BIDANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(1), 42–50. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/91

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)