SETRATEGI SEKOLAH PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BIDANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Keywords:
Pendidikan Multikultural, Pembelajaran Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Pendidikan lintas budaya (multikultural) menawarkan satu alternatif melalui penerapan strategi dan rencana Pendidikan didasarkan pada penggunaan keragaman dalam masyarakat, pada khususnya dikalangan pelajar seperti suku, budaya, Bahasa, agama dan ras. Yang paling utama, strategis pedagogis ini tidak hanya ditujukan untuk memastikan bahwa siswa muda untuk memahami pelajaran yang sedang dipelajarinya tetapi juga untuk mengunggulkan rasa mereka untuk memiliki sikap yang manusiawi, pluralistic, dan demokratis. Sedangkan secara luas pendidikan multikultural itu mencakup seluruh siswa tanpa membedakan kelompok-kelompoknya seperti gender, etnic, ras, budaya, strata sosial dan agama. Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui strategi yang dilakukan agar tercipta pendidikan kewarganegaraan berwawasan multicultural. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi kepustakaan. Dengan hasil Strategi pembelajaran sekolah merupakan instrumen atau alat yang efektif untuk membangun dan mengembangkan pendidikan multikultural yang lebih baik. Dalam pengembangan proses belajar mengajar, lembaga pendidikan tidak hanya harus memperhatikan dalam kemampuan akademik saja, melainkan juga memperhatikan dan mengembangkan pemahaman antar budaya, yang sangat diperlukan dalam masyarakat Indonesia yang majemuk dan multikultural. sehingga sekolah dapat menyediakan bahan ajar dan mengembangkan kesempatan belajar bagi siswa untuk memahami materi, menghilangkan hambatan yang timbul dari perbedaan latar belakang budaya menghormati dan menghargai perbedaan dan membentuk sikap dan perilaku dalam situasi etnis yang beragam
References
Djahiri, A. Kosasih. (1985). Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral VCT dan Games dalam VCT. LP3 IPS FKIS IKIP Bandung.
Yaqin, Ainul. (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.
Zubaidi. 2004. Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Hermina Vol.3 no.1.p.77.
Bank, James, (ed), 1993. Multicultural Education: Issues and. Perspectives.London: Allyn and Bacon Press. Abdullah, Al Habsyi. 2004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.