IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MA.NU WALISONGO SIDOARJO
Keywords:
Metode Drill, Pelajaran Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas X MA. NU Wali Songo Sidoarjo adalah kelas yang sudah menerapkan metode drill pada mata pelajaran Bahasa Arab. Metode pemebelajaran merupakan foktor utama dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus memilih dan menentukan metode pembelajaran Bahasa Arab yang relevan untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana implementasi metode drill dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas X MA. NU Wali Songo Sidoarjo. Hasil ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan Implementasi metode drill dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA.NU Walisongo Sidoarjo.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan Implementasi metode drill dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA. NU Walisongo Sidoarjo sudah tepat. Dalam proses pembelajaran guru harus mengacu pada RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran), Prota, dan Promes serta evaluasi.
Metode drill dalam penelitian ini sangat efektif karena membuat peserta didik lebih aktif, bertanggung jawab dan dapat bekerja sama dengan teman sebaya mereka dalam satu kelompoknya. Adapun Implementasi metode drill adalah meningkatkan ketangkasan peserta didik, meningkatkan keaktifan peserta didik
References
Darajdat, Zakiyah. 1996. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Endarmoko. 2006. The Saurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Fuad Efendi, Ahmad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat. Hadi,
Isjoni. 2012. Pembalajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Khalilullah, Muhammad. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Rahman, Saiful. 2010. Manajemen Pembelajaran. Malang: Yanizar Group.
Sudijono, Anas. 2000. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 1991. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuanitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunhaji. 2009. Strategi Pembelajaran Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Purwokerto: STAIN Press.
Yunus, Mahmud. 1991. Metode Khusus Bahasa Arab. Jakarta: PT Hida Karya Agun.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.