PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI STAI SABILUL MUTTAQIN MOJOKERTO
Keywords:
Problematika, pembelajaran, Bahasa arabAbstract
Penelitian ini mengkaji problematika pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sabilul Muttaqin Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Responden penelitian adalah mahasiswa dan dosen Bahasa Arab di STAI Sabilul Muttaqin. Hasil penelitian menunjukkan beberapa problematika, termasuk kurangnya motivasi mahasiswa, kurikulum yang kurang relevan, serta kendala dalam metode pengajaran dan sumber belajar. Implikasi penelitian ini adalah perlunya reformasi dalam pembelajaran Bahasa Arab di STAI Sabilul Muttaqin untuk meningkatkan motivasi, relevansi kurikulum, serta menyediakan metode pengajaran dan sumber belajar yang lebih efektif bagi mahasiswa.
References
Ahmad Fikri Amrulloh. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Diniyah.
Amirudin, Noor. (2017). "Problematika pembelajaran bahasa Arab." Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan.
Gardner, R. C., & Lambert, W. E. (1972). Attitudes and Motivation in Second Language Learning. Newbury House Publishers.
Kridalaksana, Harimurti. (1984). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia. Edisi 2001.
M. Dzikrul Hakim Al Ghozali & Lailatul Mathoriyah. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab. Jombang: LPPM Unwaha.
Takdir, Takdir. (2020). "Problematika Pembelajaran Bahasa Arab." Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 2(1).
Tim Dosen dan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa FIB UB. (2022). Bunga Rampai: Artikel Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa.
Watson, J. C. E. (2020). "Arabic Phonology: An Overview". Annual Review of Linguistics, 6, 367-389.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.