Kedudukan Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa
Keywords:
Kedudukan, Pembelajaran Bahasa, Pembentukan KarakterAbstract
Artikel ini membahas tentang kedudukan pembelajaran bahasa dalam pembentukan karakter siswa. Bahasa adalah identitas seseorang. Agar tujuan pembelajaran bahasa dalam pembentukan karakter tercapai, seorang pendidik sangat diperlukan agar memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam memberikan strategi pembelajaran yang memfokuskan kepada prinsip-prinsip pembelajaran bahasa yaitu prinsip kontekstual, prinsip fungsional, prinsip komunikatif dan prinsip apresiatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Dengan bahasa pula, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa lebih baik. Begitu juga dengan menurunnya akhlak anak ditimbulkan karena beberapa factor, diantaranya: 1) Sistem pendidikan yang ada kurang fokus dalam membentuk karakter peserta didik. 2) Dalam membangun karakter anak, keadaan lingkungan yang ada kurang mendukung dan terdapat permasalahan yang cukup rumit. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif.
Kata Kunci: Kedudukan, Pembelajaran Bahasa, Pembentukan Karakter
References
Ambarwati, E. (2019). Kontribusi Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal El Hamra, 04, no. 01, 105–117.
Antari, L. P. S. (2019). Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional bangsa Indonesia. Jurnal Jisipol, 8(November), 17. http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/jisipol/article/view/115
Asdiqoh, S., & Zaman, B. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MADRASAH ALIYAH Siti Asdiqoh dan Badrus Zaman Institut Agama Islam Negeri Salatiga. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 92–102.
Astuti, T. (2015). Peranan Pembelajaran Bahasa Dalampembentukan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Bulan Bahasa, 331–340.
Azzahra, I. S. S. (2017). Peranan Bahasa Indonesia Dalam Pembangunan Karakter. 1, 1–20.
Edi, R. N. (2017). Pendekatan Komunikatif (al Madkhol al-Ittisholi) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Bayan UIN Raden Intan, 1–14.
Karakter, P., Islam Dan Thomas Lickona, P., & Prodi Manajemen Pendidikan Islam Volume VII Nomor, J. (2018). Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. VII(September2018). https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-
Kosasih, J. I. (2019). Kausa Yang Halal Dan Kedudukan Bahasa Indonesia Dalam Hukum Perjanjian. Sinar Grafika.
Metro, S. P. (2017). Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah. 9(1).
Noor, T. (2018). RUMUSAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL Pasal 3 UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL NO 20 TAHUN 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01), 123–144.
Poerwanti, Endang, dkk. 2008. A. P. S. J. D. (2020). Unit 2 Unit 2. Indira Gandhi National Open University, 1, 2–4.
Roisah. (2000). Kedudukan bahasa indonesia. Modern Physics, 624.
Sari, B. P. (2015). Dampak penggSari, Beta Puspa, ‘Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia Dilingkungan Elhusna’, Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 2015, 171–76 <http://repository.unib.ac.id/11122/1/17-BETA PUSPA SARI.pdf>unaan . Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 171–176. http://repository.unib.ac.id/11122/1/17-BETA PUSPA SARI.pdf
Setiawati, L. (2015). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan, 16(1), 65–73. https://doi.org/10.33830/jp.v16i1.336.2015
Sudirman, N. (1988). Ilmu Pendidikan. Remadja Karya.
Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
Thalib, A. (2018). Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 23–36. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i1.377
Wardani, H. K. (2022). Pemikiran Teori Kognitif Piaget Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 16(1), 7. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12251
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.