IMPELEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI 17 KULTUR KEPESANTRENAN (STUDI KASUS DI SMP DARUL ULUM 1 PETERONGAN)

Authors

  • Muhammad Kholilulloh Harisuddin Komunikasi Penyiaran Islam, Sekolah Tinggi Agama Sabilul Muttaqin Mojokerto
  • Ma’murotus Sa’diyah SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Karakter, 17 Kultur Kepesantrenan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui 17 kultur kepesantrenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan. Sekolahan ini berada di lingkungan pondok pesantren Darul Ulum tepatnya di Kabupaten Jombang. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang kediniyahan/keagamaan, guru bimbingan konseling, guru bahasa Indonesia serta peserta didik. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian nilai-nilai karakter yang diimplementasikan melalui 17 kultur kepesantrenan yaitu pendalaman ilmu-ilmu agama, mondok, kepatuhan, keteladanan, kesalehan, kemandirian, kedisiplinan, kesederhanaan, toleransi, qana’ah, rendah hati, ketabahan, kesetiakawanan/tolong menolong, ketulusan, istiqomah, kemasyarakatan, dan kebersihan. Pendidikan karakter melalui 17 kultur kepesantrenan diintegrasikan dengan 3 cara yaitu pendidikan karakter diintegrasikan melalui pembelajaran, program pengembangan diri, dan budaya sekolah. Faktor pendukung dalam pengimplementasian pendidikan karakter di SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan antaralain guru dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu lingkungan pondok yang kurang mendukung dikarenakan jarak yang dekat serta letaknya berbaur dengan lingkungan masyarakat umum

References

Buchory, M. & Swadayani, T. B. 2014. Implementasi Program Pendidikan Karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol. 4(3), hlm. 235-244. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/-index.php/jpka/article/view/5627/4863.

Deal, T.E. & Peterson, K.D. 1999. ShapingSchool Culture: The Heart of Leadership. San Fransisco: Jossy-Bass.

Driyarkara. 2006. Karya Lengkap Driyarkara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fitriana, Herni. 2014. https://www.slideshare.net/ErcLoser/17-kultur-kepesantrenan

Gunawan, H. 2014. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Agama RI. 2003. Pondok pesantren dan madrasah diniyah pertumbuhan dan perkembangannya. Jakarta: Kemenag RI.

Lickona, T. 2014. Pendidikan Karakter: PanduanLengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. (Edisi terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Miles, M.B & Huberman, AM. 2014. Qualitative Data Analysis: An Methods ourcebook3nded. London: Sage Publications.

Mohyi, Ach. 2012. Teori dan Perilaku Organisasi. Malang: UMM Press.

Sayuti, Wahdi dan Fauzan. 2013. Integrasi Kultur Kepesantrenan ke Dalam Mata Pelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Suparno, P. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: PT Kanisius.

Syah, M. 2014. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Tafsir, A. 2013. Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wang, X.L., Bernas, R., & Eberhard, P. 2012. When a Lie is Not a Lie: Understanding Chinese Working-Class Mothers’ Moral Teaching and Moral Conduct. Social Development, Vol. 21 (1), pp. 68–87. Retrieved from http://onlinelibrary. wiley.com/doi/10.1111/j.1467-9507.2011.00619.x/full.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Kholilulloh Harisuddin, M., & Sa’diyah, M. (2022). IMPELEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI 17 KULTUR KEPESANTRENAN (STUDI KASUS DI SMP DARUL ULUM 1 PETERONGAN). Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 3(2), 141–151. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/72

Issue

Section

Articles