IMPLEMENTASI KITAB BELAJAR PEGON JAWA SEBAGAI INSTRUMEN DALAM MEGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SANTRI BARU PONDOK PESANTREN AN – NUR PUNGGING MOJOKERTO
Keywords:
kitab pegon, keterampilan menulisAbstract
Pondok Pesantren memiliki Macam-macam metode pembelajaran yang digunakan dalam
pendidikan formal atau non formal, di samping itu pesantren juga memiliki kurikulum yang
sebagaian besar adalah menerapkan pembelajarannya menggunakan kitab kuning, gundul dan
tanpa harakat, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk benar – benar memahaminya.
Banyak keilmuan yang harus dilalui mulai dari segi menulis, membaca bahkan
menterjemahkannya. Oleh karena itu , banyak ulama’ yang memberikan sumbangsih
keilmuan untuk mencetuskan metode – metode yang mudah agar peserta didik atau santri
dapat menggunakannya dengan baik. Salah satu adalah dengan terbitnya kitab kecil dan
sederhana yaitu kitab pego . kitab pego adalah kitab kecil yang memberikan petunjuk dan
bimbingan tentang penulisan huruf arab dengan bahasa jawa (pego) dengan metode yang
mudah dipahami oleh santri baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara khusus
bagaimana penerapan penggunaan kitab pego yang digunakan dalam proses pembelajaran
menulis di Pondok Pesantren An –nur Pungging Mojokerto. Adapun untuk mencapai tujuan
diatas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskrptif yaitu suatu metode untuk
menggambarkan data yang terkumpul secara jelas dan terperinci sebagaimana adanya.
Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi serta sumber datanya yang berasal dari pengasuh, pengurus pondok, ustaz
pengajar metode ibtidai dan santri di Pondok Pesantren AN – NUR Pungging Mojokerto.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1. Tujuannya yaitu agar santri dapat menulis, membaca,
memaknai dan memahami kitab kuning yang berbahasa Arab tanpa harakat
References
Nasif, Mohammad, belajar pegon jawa,Kediri : walisongo,
Zuchdi, Darmiyati. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah. PAS: Yogyakarta, 2001.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara, 1998
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta:
LP3ES, 2007
Saleh, Sonhaji. Dinamika Pesantren. Jakarta: CV Guna Aksara, 1988
Susilo, Konsep Dasar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Makassar: Universitas
Negeri Makassar, 2007
Henry Guntur Taringan, berbicara sebagai keterampilan berbahasa, Bandung : Angkasa,
Triyanto, model – model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivisktik,Jakarta :
prestasi pustaka publhiser, 2007
Pokja, Pedoman Skripsi Mahasiswa Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah,Yogyakarta: PBA Press,
engku, Zahara Dzafar, Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar, Jakarta:
balitbang Depdiknas, 2001.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.