Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas I di MIS An Nur Junwangi Krian
Keywords:
strategi guru, kesulitan membaca, pembelajaran membaca, pendidikan dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami strategi yang digunakan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Kesulitan membaca pada siswa kelas I merupakan masalah yang umum dijumpai dan berdampak pada perkembangan literasi awal anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di MIS An Nur Junwangi Krian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta studi dokumentasi terkait proses pembelajaran membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran, antara lain pendekatan fonik, penggunaan media visual dan alat peraga, pembelajaran multisensori, bimbingan individual, serta metode bermain dan cerita untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa. Selain itu, pemberian penguatan positif juga berperan penting dalam memotivasi siswa. Faktor pendukung keberhasilan strategi meliputi kompetensi guru, dukungan sarana dan prasarana, keterlibatan orang tua, serta lingkungan sekolah yang kondusif. Namun, terdapat pula faktor penghambat seperti jumlah siswa yang banyak, keterbatasan waktu, kurangnya media pembelajaran, dan variasi kemampuan siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan lebih intensif dari sekolah dan orang tua untuk mengoptimalkan proses pembelajaran membaca pada siswa kelas I MIS An Nur Junwangi Krian. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dan pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar khususnya dalam aspek literasi awal.
References
Awanisul Huduni, L. H. (2022, Juni). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3 Darek. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 395.
Fajri Basam, S. (2018, April). Metode Pembelajaran Multisensori VAKT sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa Kelas II. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 23.
Hartati, S. (2021). Senangnya Belajar Membaca Permulaan dengan Make A Match. Surakarta: UNISRI Press.
Mitra Rahma, F. D. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Qalamuna: JUrnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 398.
Muyassyaroh, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Tubokas. Bekasi: Mikro Media Teknologi.
Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 287.
Riga Zahara Nurani, F. N. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Usia Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(3), 1467.
Susanti, Y. (2022, November). Strategi Pembelajaran dalam Proses Membaca dan Menulis Permulaan. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(5), 328.
Taseman, A. A. (2021, Desember). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 140.
Titi Pujiati, A. P. (2024, Januari). Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(1), 5.
Westhisi, S. M. (2019). Metode Fonik dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.