Upaya Peningkatan Mutu Kurikulum Pesantren Salafiyah

Authors

  • Hory Buck bukhoricekok93@gmail.com

Keywords:

Kurikulum, Mutu, Pondok Pesantren

Abstract

Perkembangan zaman modern memberikan tantangan besar bagi
kurikulum pesantren klasik. Merespon hal tersebut, tujuan penelitian ini
untuk mengetahui upaya pengembangan kurikulum Pondok Pesantren
Thoriqul Huda dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi
studi kasus dan data dianalisis data diinterpretasikan secara deskriptif.
Lokasi penelitian di pondok pesantren Thoriqul Huda Cekok Babadan
Ponorogo. Informasi sebagai sumber data meliputi pengasuh, pengurus,
asatidz, guru dan santri.. Hasil temuan data bahwa Pondok Pesantren
Thoriqul Huda memiliki dua kurikulum yaitu kurikulum formal dan non
formal (kepesantrenan). Kurikulum bersifat kombinatif dan integral yang
artinya kegiatan-kegiatan yang dilakukan saling mendukung dan masih
dalam satu rangkaian. Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan
kurikulum adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan
pengawasaan. Tujuan dari peningkatan mutu kurikulum kombinatif
adalah meningkatkan implikasi pengetahuan akademik dan sosial
(kemasyarakatan) bagi para santri.

References

Achfandhy, Mochammad Irfan, ‘Model Dakwah Compliance Gaining Oleh Kyai

Pesantren’, Jurnal Dakwah Risalah, 31.2 (2020), 252

Bani, Suddin, ‘Kontribusi Pesantren Dalam Sistem Pendidikan Nasional’,

AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2.2 (2015), 264–73

<http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/881>

Creswell, John W., Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed

Methods Approaches (California: SAGE Publications, 2009), VII

Hasan, Muhammad, and Sekolah, ‘Inovasi Dan Modernisasi Pendidikan Pondok

Pesantren’, KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman Vol., 12.2

(2014), 109–18

Jamaluddin, Muhammad, ‘Metamorfosis Pesantren Di Era Globalisasi’, KARSA:Bukhori

Hal. 49 Jurnal Studi, Sosial,dan Ekonomi Vol. 3 No.1 Januari 2022

Jurnal Sosial Dan Budaya, 20 (2012)

Al Khanif, Dkk., Pancasila Dalam Pusaran Globalisasi (Yogyakarta: LKiS

Printing Cemmerlang, 2018)

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Buck, H. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Kurikulum Pesantren Salafiyah. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 3(1), 38–49. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/40

Issue

Section

Articles