MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAHDALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK FAVORIT PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • wahyu syafa'at sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto

Keywords:

Manajemen Sumber Daya Manusia, Tenaga Administrasi Sekolah, Mutu Pendidikan

Abstract

Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga kependidikan yang memegang peran penting dalam meningkatkan layanan administrasi sekolah.Oleh karena itu, maka tenaga administrasi sekolah harus memiliki kompetensi yang memadahi agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan kompetensinya dengan sangat profesional.Oleh karena itu perlu adanya standar kompetensi yang wajib dimiliki oleh tenaga administrasi khususnya bidang literasi digital sebagai dasar kompetensi dalam menjalankan tugas dan fungsinya tersebut. Pada lembaga pendidikan khususnya swasta masih banyak ditemukan tenaga administrasi sekolah yang masih dirasa kurang memiliki kompetensi standar sebagai seorang tenaga administrasi yang kompeten, salah satu sebabnya adalah karena karena lembaga pendidikan merekrut tenaga administrasi tersebut lebih karena unsur kekeluargaan di mana mereka adalah orang-orang dekat di lembaga tersebut tanpa melalui seleksi dengan standar kompetensi yang jelas, sehingga seringkali standar kompetensi yang perlu dimiliki oleh seorang tenaga administrasi menjadi terabaikan, akibatnya mutu pelayanan pendidikan di sekolah kurang maksimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan tenaga administrasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari selain perlu adanya pedoman kerja yang jelas dan sekolah juga harus memberikan fasilitas yang memadahi untuk meningkatkan sumber daya manusia tenaga administrasi sekolah baik berupa sarana prasarana yang memadahi maupun melalui pelatihan-pelatihan yang dibiayai oleh lembaga tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiseberapa besar peran tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Favorit Pungging Kabupaten Mojokerto dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia tenaga administrasi sekolah sangat penting dan berpengaruh dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Favorit Pungging Kabupaten Mojokerto.

References

Ahmad Batinggi, 1999. Manajerial Pelayanan Umum. Universitas Terbuka, Jakarta

Badan Standart Nasional Pendidikan. 2007. Permendiknas RI Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana. Jakarta: BSNP.

Ciptono F, 1997. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi Offset.Yogyakarta Episentrum (Lembaga Psikologi). 2010. Jenisjenis Layanan Khusus di Sekolah.

B. Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 2004.

Nanang Fattah, Ekonomi & Pembiayaan Pendidikan, Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2012

(https://www.cermati.com/artikel/manajemen-pengertian-manajemen-fungsi-dan-jenis-keilmuan-yang-harus-kamu-tahu)

(https://www.karyaone.co.id/blog/manajemen-sumber-daya-manusia/)

Downloads

Published

2020-06-06

How to Cite

syafa’at, wahyu. (2020). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAHDALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK FAVORIT PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 1(2), 120–138. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/20

Issue

Section

Articles