ELEKTABILITAS TENAGA PENDIDIK DI BAWAH KEPEMIMPINAN OTORITER (TINJAUAN PSIKOLOGI)

Authors

  • Muhammad Ilyas Syihabuddin Ilyas Institut KH Abdul Chalim
  • ismail antu Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
  • Nur Synny sahyani Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
  • Ria Anjani Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Keywords:

Elektabilitas Tenaga Pendidik, Kepemimpinan Otoriter, Psikologi

Abstract

Berbicara tentang elektabilitas tenaga pendidik dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, hendaklah tenaga pendidik menjadi garda terdepan dalam mewujudkan tujuan tersebut. Namun bagaimana ketika pada praktek lapangannya terjadi ketimpangan, sebagaimana fenomena tenaga pendidik yang melakukan aksi mogok kerja hingga menuntut kepada Kepala Sekolah yang dianggap menggunakan sistem otoriter. Tujuan penulisan jurnal ini adalah mengungkapkan bagaimana elektabilitas seorang tenaga pendidik di bawah kepemimpinan otoriter, analisis yang digunakan menggunakan tinjauan psikologi. Poin yang akan dibahas adalah benarkah kepemimpinan otoriter dapat menimbulkan peningkatan stress terhadap tenaga pendidik yang dapat mempengaruhi pembelajaran siswa. Sumber data pada penelitiannya adalah referensi yang berkaitan dengan kepemimpinan otoriter, tingkat stress guru, serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi psikologi guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi berupa data-data yang bersumber dari jurnal, artikel dan berbagai macam dokumentasi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa gaya kepemimpinan otoriter dapat memberikan pengaruh terhadap elektabilitas tenaga pendidik. Hal ini didasarkan atas tinjauan psikologi yakni stress kerja yang dialami oleh tenaga pendidik. Persepsi tenaga pendidik terhadap gaya kepemimpinan otoriter serta adanya peran ganda yang dialami oleh tenaga pendidik dapat meningkatkan stress kerja di lingkungan tenaga pendidik

References

BIBLIOGRAPHY Baharudin & Umiarso. 2022. kepemimpinan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dikutip dari BERITAKINI.CO, “Tuntut Kepala Sekolah Diganti, Belasan Guru SMK di Aceh Singkil Mogok kerja,” diakses pada Senin, 16 Januari 2023 pukul 13.59.

Dwiratna, E., Djiptadi, D.D. 2021. Kepemimpinan Fundemantal Teori Medan: yayasan kita menulis.

Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., Julia. 2014. Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang, Jurnal Mimbar Sekolah Dasar.

Febriyanti, F. 2016. Hubungan Persepsi Gaya Kepemimpinan Otoriter dengan Stres Kerja pada Anggota Batalyon Infantri 512 TNI AD. Skripsi Fakultas Psikologi; Universitas Muhammadiyah Malang.

Kurniyatillah, N,. Rachmawati, S.E., Amirah. Sulaiman, N.S. 2020. Kepemimpinan Otoriter dalam Manajemen Pendidikan Islam, (Jurnal Al-Muaddib: Jurnal ilmu–ilmu social dan keislaman).

Leonard. 2015. Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia; Analisis Dampak Bendahnya Kualitas SDM Guru dan solusi Perbaikannya. (Jurnal Formatif).

Nailah, Y.F., & Puspitadewi, N.W.S. 2020. Hubungan Konflik Peran Ganda dengan Stres Kerja pada Guru SMA di Kabupaten X, (jurnal Character: Jurnal Penelitian Psikologi).

Nimmo, D. 2009. Komunikasi Politik : Komunikator, Pesan dan Media, (Bandung : PT.Remaja Rosdakarya).

Purwanto, A., dkk. 2020. Gaya Kepemimpinan di Madrasah Aliyah; Authentic, Transformational, Authoritarian atau Transactional. Jurnal Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Sari, M., & Asmendari. 2020. Penelitian kepustakaan (Library research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. (Jurnal Natural Science; Jurnal Penelitian bidang IPA dan Pendidikan IPA).

Sudriamunawar, H. 2003. Konsepsi Pemipin dan Kepemimpinan. (Jurnal manajerial).

Suriagiri. 2021. Kepemimpinan Otoriter dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.7. No.2.

Undang – Undang Dasar 1945 Amandemen

Undang – undang No.14 tahun 2005 pasal 10 ayat 1 tentang kompetensi guru

Wibowo, A.P. 2018. Selektifitas Media Sosial dalam Meningkatkan Elektabilitas Figur. (Jurnal ETTISAL: Journal Of Communication).

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Ilyas, M. I. S., antu, ismail, sahyani , N. S. ., & Anjani , R. (2023). ELEKTABILITAS TENAGA PENDIDIK DI BAWAH KEPEMIMPINAN OTORITER (TINJAUAN PSIKOLOGI). Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(1), 33–41. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/90

Issue

Section

Articles