Analisis Kegiatan Belajar Mengajar Dengan Sistem Daring Di Masa Pendemi Covid-19 Di SMK Favorit Pungging Kabupaten Mojokerto

Authors

  • wahyu syafa'at sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto
  • Sholeh Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Keywords:

Kegiatan Belajar Mengajar, Sistem Daring, Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Masa pandemiCovid-19 memiliki dampak yang cukup besar dan berpengaruh terhadap kondisi psikologis maupun perubahan perilaku manusia dalam jangka waktu yang cukup lama.Hal ini salah satunya adalah berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia.Pengajar dan peserta didik dituntut mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh.Sekolah Menengah Kejuruan menerapkan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan secara daring dengan berpacu pada surat edaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis aktifitas kegiatan belajar mengajar dengan sistem daring pada masa pandemi Covid-19 di SMK Favorit Pungging Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan informan terdiri dari GurudanPeserta Didik di SMK Favorit Pungging Kabupaten Mojokerto. Bersdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kegiatan belajar mengajar yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 di SMK Favorit Pungging Kabupaten Mojokerto menggunakan sistem daring dengan aplikasi berupa : zoom, whatsapp, google classroom, dan youtube. Pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan lancar, walaupun dirasakan kurang ideal.Hasil belajar peserta didik bervariasi, mulai dari kurang memuaskan, cukup memuaskan hingga sangat memuaskan. Kendala yang dihadapi peserta didik dan guru dalam pembelajaran daring antara lain : ketersediaanalat penunjang seperti gawai dan laptop,ketersediaan kuota internet, dan jaringan yang tidak stabil. Jika diterapkan pada masa pandemi covid-19, pembelajaran daring dinilai cukup efektif, namun harus didukung dengan model pembelajaran yang lebih variatif agar tetap menarik jika digunakan dalam jangka panjang.

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,2(1),55–61. ttps://doi.org/https://doi.org/10.31004/eduka tif.v2i1.89

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran(E-Learning).JurnalAl-Ta’dib,8(1),117–140. https://doi.org/10.31332/ATDB.V8I1.396

Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Rajawali Pers.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro,6(2),20-35.http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qur a/issue/view/531

Sugiyono.(2014). Memahami Penelitian Kualitatif. CVAlfabeta.

. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CVAlfabeta.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

syafa’at, wahyu, & Sholeh. (2021). Analisis Kegiatan Belajar Mengajar Dengan Sistem Daring Di Masa Pendemi Covid-19 Di SMK Favorit Pungging Kabupaten Mojokerto. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 2(1), 76–84. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/30

Issue

Section

Articles