Optimalisasi Whatsapp dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Keywords:
Optimalisasi, WhatsAppAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan WhatsApp sebagai media
pembelajaran. Dua pendidik dan sembilan puluh delapan peserta didik menjadi responden
dalam penelitian ini. Meteode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Participatory Action Research. Adapaun sintaksis dalam penelitian ini adalah persiapan,
implemetasi dan evaluasi. Hal ini mencakup beberapa pertemuan untuk observasi,
pengumpulan data dan beberapa pertemuan untuk mengajar dengan mengoptimalisasikan
WhatsApp. Wawancara dilaksanakan untuk menelusuri tingkat kepuasan peserta didik
menggunakan WhatsApp, hasilnya ditemukan bahwa peserta didik antusias dan dapat
berkomunikasi secara langsung kapanpun dan dimanapun selama proses pembelajaran
Bahasa Inggris.
References
Anwar dan Riadi.(2017). Analisis Investigasi Forensik WhatsApp Messenger Smartphone Terhadap
Wahtsapp Berbasis Web. Jurnal Ilmu Teknikelektro Kompuer Dan Informatika.Vol.3(1). 2-10.
Daheri, dkk. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basiced.Vol.4(4). 775-
Jumiatmoko. (2016). WhatsApp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab. Wahana Akademika.
Vol 3 (1). 52-66
Khusaini, dkk. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan
Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika.Vol.4(1)
Pranajaya, & Hendra Wicaksono. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) Di Kalangan Pelajar
(Studi kasus Di MTs Al Muddatsiriyah dan MTs Jakarta Pusat). Prosiding SNaPP2017 Sosial,
Ekonomi, Dan Humaniora, Vol 7, No.1, 98–109
Shodiq & Zainiyati. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan WhatsApp
Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19Di Mi Nurukhuda Jelu.Jurnal Studi
Keislaman.Vol.6(2). 144-159.
Suryadi, dkk. (2018). Penggunaan Sosial Media WhatsApp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.7 (1). 1-
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.