Optimalisasi Whatsapp dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Wakhibah Dwi Khusnah Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin
  • Eko Dimas Mariyanto

Keywords:

Optimalisasi, WhatsApp

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan WhatsApp sebagai media
pembelajaran. Dua pendidik dan sembilan puluh delapan peserta didik menjadi responden
dalam penelitian ini. Meteode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Participatory Action Research. Adapaun sintaksis dalam penelitian ini adalah persiapan,
implemetasi dan evaluasi. Hal ini mencakup beberapa pertemuan untuk observasi,
pengumpulan data dan beberapa pertemuan untuk mengajar dengan mengoptimalisasikan
WhatsApp. Wawancara dilaksanakan untuk menelusuri tingkat kepuasan peserta didik
menggunakan WhatsApp, hasilnya ditemukan bahwa peserta didik antusias dan dapat
berkomunikasi secara langsung kapanpun dan dimanapun selama proses pembelajaran
Bahasa Inggris.

References

Anwar dan Riadi.(2017). Analisis Investigasi Forensik WhatsApp Messenger Smartphone Terhadap

Wahtsapp Berbasis Web. Jurnal Ilmu Teknikelektro Kompuer Dan Informatika.Vol.3(1). 2-10.

Daheri, dkk. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basiced.Vol.4(4). 775-

Jumiatmoko. (2016). WhatsApp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab. Wahana Akademika.

Vol 3 (1). 52-66

Khusaini, dkk. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan

Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika.Vol.4(1)

Pranajaya, & Hendra Wicaksono. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) Di Kalangan Pelajar

(Studi kasus Di MTs Al Muddatsiriyah dan MTs Jakarta Pusat). Prosiding SNaPP2017 Sosial,

Ekonomi, Dan Humaniora, Vol 7, No.1, 98–109

Shodiq & Zainiyati. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan WhatsApp

Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19Di Mi Nurukhuda Jelu.Jurnal Studi

Keislaman.Vol.6(2). 144-159.

Suryadi, dkk. (2018). Penggunaan Sosial Media WhatsApp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar

Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.7 (1). 1-

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Khusnah, W. D., & Mariyanto, E. D. (2022). Optimalisasi Whatsapp dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 3(1), 25–29. Retrieved from http://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/38

Issue

Section

Articles