FLEXING PADA PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM

Authors

  • nurul a'yun Ekonomi Syariah STAI Sabilul Muttaqin

Keywords:

Flexing, konsumsi, perilaku konsumen

Abstract

Perkembangan teknologi menghasilkan media sosial tidak hanya digunakan buat bertukar informasi. Lebih jauh lagi media sosial waktu ini dipergunakan untuk media pemasaran. Pemasaran yang berkembang dimasyarakat waktu ini identik dengan kenyataan flexing atau pamer kekayaan, dengan tujuan meyakinkan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor penyebab flexing dan  bagaimana perilaku tersebut dipandang dari sudut pandang teori sikap konsumen Islam. Metode yang dipergunakan ialah metodologi penelitian kualitatif menggunakan pendekatan analisis pustaka. hasil penelitian ini ada 5 faktor penyebab flexing, yaitu untuk meningkatkan harga diri atau gambaran diri, mendapatkan pasangan berasal golongan tertentu, sebagai wahana pemasaran, lingkungan dan  kepribadian yang membentuk karakter dan  kurangnya ikut merasakan terhadap orang lain. Flexing yang tidak sinkron dengan sikap Konsumen Islami karena bertentangan dengan prinsip, tata cara dan  etika konsumsi serta juga bertentangan dalil-dalilnya baik berasal Al Quran juga dari hadis Nabi Muhammad SAW

References

Bakti, Indra Setia, Anismar Anismar, and Khairul Amin. (2020). Pamer Kemewahan: Kajian Teori Konsumsi Thorstein Veblen. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi) 14.1 81-98.

Cahyani, D. R. (2021). China Larang Keras Selebritas Pamer Kekayaan di Media Sosial.

Tempo. https://dunia.tempo.co/

Darmalaksana, Wahyudin. (2022). Studi Flexing dalam Pandangan Hadis dengan Metode Tematik dan Analisis Etika Media Sosial. Gunung Djati Conference Series. Vol. 8.

Dzulfaroh Naufal Ahmad, (2022), Flexing adalah Sikap Pamer dan Bisa Jadi Hanya Strategi Marketing, Kompas.com

Furqani, Hafas. (2017). Consumption and morality: Principles and behavioral framework in Islamic economics. Journal of King Abdulaziz University: Islamic Economics 30

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muflih, Muhammad. (2006). Perilaku konsumen dalam perspektif ilmu ekonomi Islam. Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

nurul a’yun. (2023). FLEXING PADA PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(1), 111–115. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/141

Issue

Section

Articles