Pengaruh Pendekatan Joyfull Learning Dalam Mengembangkan Minat Belajar Anak Sekolah Dasar
Keywords:
Joyfull learning, kreativitas belajar, motivasi belajarAbstract
Joyfull learning merupakan pendekatan pembelajaran yang didesain sedemikian rupa hingga mampu membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan mampu meberikan kesan pembelajaran yang bermakna. Pendekatan ini bertujuan agar selama proses pembelajaran anak tidak mudah bosan, dan selalu terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan secara studi literatur yaitu dengan didasarkan hasil pengumpulan data-data dari penelitian terdahulu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif seperti menjelaskan kembali hasil topik penelitian yang dibahas pada kajian literatur dan diambil kesimpulan secara umum. Pada pendekatan pembelajaran joifull learning diharapkan anak dapat termotivasi dan semangat belajar. Mengingat sebagian anak yang masih malu bertanya, tertekan, bahkan takut terhadap gurunya, maka pendekatan joyfull learning-lah yang akan meminimalisir rasa ketegangan saat proses pembelajaran sehingga anak akan mudah tertarik mengikuti pembelajaran dan anak akan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.