Pengaruh Pendekatan Joyfull Learning Dalam Mengembangkan Minat Belajar Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nindya Nur Khamidah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Eka Putri Norma Indah Noviyanti Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • India Findiani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Meysya Soffiana Kurniawati
  • Shelsya Muna Anggita Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Yogitri Akhiryani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Nurul Mahruzah Yulia Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Keywords:

Joyfull learning, kreativitas belajar, motivasi belajar

Abstract

Joyfull learning merupakan pendekatan pembelajaran yang didesain sedemikian rupa  hingga mampu membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan mampu meberikan kesan pembelajaran yang bermakna. Pendekatan ini bertujuan agar selama proses pembelajaran anak tidak mudah bosan, dan selalu terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan secara studi literatur yaitu dengan didasarkan hasil pengumpulan data-data dari penelitian terdahulu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif seperti menjelaskan kembali hasil topik penelitian yang dibahas pada kajian literatur dan diambil kesimpulan secara umum. Pada pendekatan pembelajaran joifull learning diharapkan anak dapat termotivasi dan semangat belajar. Mengingat sebagian anak yang masih malu bertanya, tertekan, bahkan takut terhadap gurunya, maka pendekatan joyfull learning-lah yang akan meminimalisir rasa ketegangan saat proses pembelajaran sehingga anak akan mudah tertarik mengikuti pembelajaran dan anak akan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2025-09-10

How to Cite

Siti Nindya Nur Khamidah, Eka Putri Norma Indah Noviyanti, India Findiani, Meysya Soffiana Kurniawati, Shelsya Muna Anggita, Yogitri Akhiryani, & Nurul Mahruzah Yulia. (2025). Pengaruh Pendekatan Joyfull Learning Dalam Mengembangkan Minat Belajar Anak Sekolah Dasar . At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(02), 165–174. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/attadib/article/view/296

Issue

Section

Articles